.

Hukum dan Niat Puasa Pada Bulan Rajab 2023

Rajab
Hukum dan Niat Puasa di Bulan Rajab

RADARCIREBON.TV– Pada tahun 2023 tanggal 1 Rajab 1444 H jatuh pada tanggal 23 Januari 2023. Mulai dari hari pertama bulan Rajab banyak umat muslim yang ingin sekali menjalankan ibadah puasa.

Terlintas dari hukumnya, berpuasa pada bulan Rajab ini hukumnya adalah sunah.
Hal ini menurut Imam Nawawi “Tidak ada keterangan yang tsabit (kokoh) tentang puasa sunah Rajab, baik berbentuk larangan ataupun kesunahan. Memang pada dasarnya melakukan puasa diluar bulan Ramadhan adalah sunah.”

Namun ulama Syekh Muhammad bin Yusuf Al-Gharnathi berpendapat bahwa puasa Rajab hukumnya sunah pada tanggal 27 Rajab, yang dimana pada tanggal itu Rasulullah SAW di angkat menjadi Rasul.
Jika ingin menjalankan puasa sunah jangan lupa untuk membaca niatnya terlebih dahulu, berikut ini adalah niat menjalankan ibadah puasa bulan Rajab

Baca Juga: Berikut ini adalah Kumpulan Do’a yang Dapat Diamalkan Pada Bulan Rajab

Niat puasa Rajab:
“Nawaitu shauma rajaba sunnatan lillahi ta’ala”
Artinya: saya berniat puasa rajab sunah karena Allah taala.

Karena sifat dari puasa Rajab adalah sunah, maka bagi orang-orang yang belum membayar hutang puasa di bulan Ramadhan maka diperbolehkan mengqadhanya bersamaan dengan puasa sunah Rajab, dengan niatnya:
“Nawaitu shauma ghadin an’qadha’I fardhi syahri ramadhan lillahi ta’ala”
Artinya: saya berniat untuk mengqadha puasa bulan ramadhan esok hari karena Allah ta’ala.

Menurut Sayyid Bakri Syattha, mengutip dari fatwa Al-Barizi “apabila kita hanya membaca niat puasa ganti (qadha) saja otomatis kita juga memperoleh sunahnya dari puasa Rajab.”
Demikianlah beberapa pendapat tentang hukum menjalankan puasa sunah bulan Rajab. Tidak ada yang melarang kita melakukan ibadah termasuk menjalankan puasa sunah terutama pada bulan haram seperti bulan Rajab. Jika kita menjalankan puasa di bulan Rajab maka hukumnya adalah sunah, dengan artian orang yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala dan keutamaan di sisi Allah SWT, sedangkan bagi mereka yang tidak mengerjakan tidak akan mendapatkan dosa. Jadi siapapun dapat melanjalankan puasa sunah dengan niat hanya untuk Allah SWT semata.

Senin tanggal 23 Januari 2023 umat Muslim memasuki bulan Rajab.
Yang dimana bulan ini merupakan salah satu bulan yang istimewa dan memiliki kemuliaan. Salah satu bulan yang memiliki banyak kemuliaan dengan begitu kita dianjurkan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan memperbanyak doa dan berdzikir.
Begitu juga dengan Rasulullah SAW saat memasuki bulan Rajab Rasulullah SAW tidak lupa membaca doa bulan Rajab, inilah doa nya:
“ALLAHUMMA BARIK LANA FI RAJABA WASYA’BANA WA BALLIGHNA RAMADHAANA”
Artinya: Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikan umur kami hingga dapat beribadah di bulan Ramadhan.
Selain mengamalkan doa memasuki bulan Rajab ada beberapa doa yang dapat kita amalkan penuh didalam bulan Rajab mulai dari hari pertama hingga hari terakhir di bulan Rajab.

Baca Juga: Inilah Bacaan Dzikir Harian di Bulan Rajab

Berikut inilah doa-doa yang dapat kita amalkan di bulan Rajab:

1. Doa memohon ampunan dibaca pagi selesai sholat subuh dan sore setelah sholat maghrib
“Allahummaghfirli warhamni watub’alay”
Selesai salam langsung membacanya sebanyak 70 kali.

2. Doa yang dibaca selepas sholat Dzuhur dan Ashar sebanyak “ASTAGHFIRULLAAHAL’ADZIIMAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QOYYUMU WA ATUUBU ILAIHI TAUBATA ‘ABDIN DZOOLIMIN LAA YAMLIKU LINAFSIHII NAF’AN WALAA DHORRON WALAA QUWAATAN WALAA HAYAATAN WALAA NUSYUURON.” Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya dengan taubat hamba yang zalim yang tidak memiliki pada dirinya sendiri manfaat, mudarat, kekuatan, kehidupan dan kematian.”

3. Doa dibaca mulai hari ke1 sampai hari ke10 pada bulan Rajab selepas menjalankan sholat 5 waktu
“Subhanal hayyil qayyum”
Sebanyak 100x

4. Doa dibaca pada hari ke11 hingga hari ke 20 pada bulan Rajab selepas sholat 5 waktu
“Subhanallahi akhadish shomad”
Sebanyak 100 kali

5. Doa dibaca pada hari ke21 hingga hari ke 30 pada bulan Rajab selepas sholat 5 waktu
“Subhanallahirrouf”
Sebanyak 100 kali

6. Membaca Sayyidul Istighfar 3x saat pagi dan sore
ALLAHUMMA ANTA ROBBI LAA ILAHA ILLA ANTA, KHOLAQTANI WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU U BI DZANBI, FAGHFIRLIY FAINNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu dari kejelekan yang ku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu , ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.
Itulah beberapa doa yang dapat kita amalkan pada bulan Rajab ini. (Zahra)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More