7 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Ketahui ketika Kamu Berkunjung ke Majalengka

Cikadongdong River, salah satu wisata di Majalengka
Cikadongdong River, salah satu wisata di Majalengka
0 Komentar

Cikadongdong River, salah satu wisata di Majalengka
7 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Ketahui ketika Kamu Berkunjung ke Majalengka

RADARCIREBON.TV – Majalengka merupakan salah satu kawasan di provinsi Jawa Barat yang memang sudah sejak lama dikenal dengan tempat wisatanya, Kota Majalengka Jawa Barat memiliki banyak sekali objek wisata alam mulai dari air terjun, danau, bahkan hingga telaga yang sangat menarik dan sangat cantik dan beberapa di antaranya ada wisata anak seperti pemandian atau taman bermain anak, wisata edukasi sebagai inspirasi usaha bisnis lokal maupun wisata sejarah seperti candi atau bendungan. Terutama tempat wisata alam yang sangat eksotis dan menawan. Tentu itu menjadikan Majalengka berbeda dari beberapa wisata yang ada pada kota lain.

Dan Ini Adalah 7 tempat wisata yang sangat wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di majalengka jawa barat :

Tempat-tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sering berpergian dan sangat menyukai wisata suasana alam.

Baca Juga:5 Kuliner Surabaya yang Wajib Kamu CobaCuma 2 jutaan HP Oppo A57 Bisa Anti Air, Ini Spesifikasi Lengkapnya

  1. Goa Lalay

Objek wisata Goa Lalay di Sukadana Majalengka Jawa Barat merupakan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi karena keindahannya yang tiada duanya. Penduduk lokal kawasan Sukadana juga sangat ramah dengan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kota Majalengka juga terkenal dengan keindahan tempat wisatanya, salah satunya adalah objek wisata Gua Lalay di Sukadana Majalengka Jawa Barat. Objek Wisata Gua Lalay di Sukadana Majalengka Jawa Barat adalah wisata goa yang ada di kota Majalengka Jawa Barat. Selain itu, objek wisata Gua Lalay di Sukadana Majalengka, Jawa Barat, merupakan salah satu green canyon di Kabupaten Majalengka yang keindahannya tidak kalah dengan blue canyon Pangandaran.

Goa Lalay terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lalay dalam bahasa Sunda berarti kelelawar. Jadi jangan heran jika anda masuk ke dalam Goa Lalay anda akan disambut oleh kelelawar. Memasuki Goa Lalay, Anda akan melewati jalan setapak dengan tebing hijau yang sangat luas.

Di dalam Goa Lalay terdapat air terjun, yang oleh penduduk setempat disebut Air Terjun Pelangi. Alasan disebut air terjun pelangi adalah karena air terjun ini diterangi oleh sinar matahari, membuat airnya berwarna-warni. Green Canyon yang terletak di desa Sukadana, kecamatan Argapura, seperti Green Canyon Pangandaran, merupakan jurang batu yang sangat besar dengan panjang sekitar 1 km dengan air yang sangat jernih, yaitu Sungai Cilongkrang.

Green Canyon unik karena berada di luar bebatuan hijau di sebelah ngarai. Awalnya, ada air terjun bernama air terjun pelangi. Nama ini diambil karena saat terkena sinar matahari, ada pelangi yang terbentuk dari air terjun.

Apalagi yang unik di Green Canyon Majalengka adalah suhunya yang sangat dingin, dua tebing di samping Sungai Cilongkrang dengan ketinggian lebih dari 20 meter memberikan perasaan berada di sebuah gua besar, di bawah dasar sungai yang mengalir. perairan wilayah Hulu. Bebatuan di kiri dan kanannya menghijau, berbentuk kotak-kotak kecil.

  1. Curug Muara jaya

Objek wisata curug atau Air Terjun Muara Jaya di Argamukti Majalengka Jawa Barat merupakan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi karena keindahannya yang menawan tiada tara.

Baca Juga:Alun Alun Majalengka dan Keindahannya,  Menjadikannya Tempat Wisata Favorit Bagi KeluargaWow ! Ternyata Oppo a 16 Masih Worth It Dipakai Tahun 2023, Ini Penyebab nya

Penduduk lokal kawasan Argamukti juga sangat ramah dengan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota Majalengka juga terkenal dengan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah obyek wisata Air Terjun Muara Jaya di Argamukti Majalengka, yang berada di lereng Ciremai Jawa Barat.

Curug ini merupakan jenis air terjun dengan ketinggian total sekitar 73 m. Ada dua tingkat air terjun, yang pertama adalah air terjun utama yang jatuh dari ketinggian sekitar 60 meter di atas permukaan batu, sedangkan yang kedua adalah air terjun yang lebih kecil dengan tinggi sekitar 13 meter dan berbentuk bertingkat.

Di daerah sekitar air terjun ini udaranya sejuk dan tanahnya sangat subur, sehingga banyak dijumpai kebun sayur dan palawija, bahkan di sini banyak ditanam kesemek. Di sini, setiap tahun, masyarakat setempat mengadakan upacara pareresan setelah panen.

Anda bisa memilih mau main tubing atau arung jeram bersama-sama di kali. Jika mau sendiri-sendir, Andai bisa pilih tubing, namun untuk rombongan, bisa pilih arung jeram. Standar keselamatan semua terpenuhi, dan pemandu juga akan selalu mengawasi, sehingga aman.

Waktu paling pas adalah datang saat musim hujan karena arus yang lumayan kencang. Akan tetapi, pastikan juga tidak sedang hujan guna menghindari banjir sungai. Anak-anak tidak disarankan ikut naik karena arusnya yang deras serta kontur sungai yang berbatu.

Biaya untuk arung jeram dan tubing adalah Rp35.000 saat weekend, dan Rp30.000 di hari kerja, mulai 08:00-16:30. Untuk menemukan tempat ini mudah, sekitar 20Km dari Alun-alun Maja ke arah Timur.

  1. Curug Ibun Pelangi

Tempat wisata alam Majalengka yang enak untuk bersepeda bersama teman-teman sembari santai, tentu saja Ibun Pelangi. Nama pelangi ini bukan karena air terjun yang warnanya pelangi ya. Tapi, karena posisi curug yang terapit batuan besar sehingga ketika air dan cahaya bertemu nampak pelangi.

Ibun Pelangi memang belum terlalu ramai dan tempatnya juga belum dilengkapi banyak fasilitas. Hanya saja pemandangan air terjun yang elok tersebut sudah cukup menyegarkan pandangan.

Untuk mencari Ibun tidak jauh dari Panyaweungan serta Alun-alun Maja, Anda tidak akan tersasar. HTM-nya hanya Rp5.000, dengan jam operasional mulai 08.00-16.00.

  1. Curug Sempong

Hal yang paling menonjol saat melihat air terjun Sempong adalah batuannya. Anda akan melihat warna oranye yang jarang ada di air terjun-air terjun lain dan terlihat menarik.

Sayangnya, rute untuk menuju air terjun sulit dan licin, anak-anak tidak disarankan untuk ke sini. Apalagi saat hujan atau cuaca mendung, jalan akan semakin susah.

HTM sementara Rp5.000 saja, jaraknya lumayan jauh dari pusat kota kurang lebih 22 Km. Jadi, bagi yang berniat kesini sebaiknya berangkat pagi-pagi dan pastikan cuaca cerah.

  1. Terasering

Ada lagi pilihan terasering yang bisa Anda kunjungi saat melancong ke Majalengka. Nama terasering ini yaitu Nangklak yang berada di dekat kali Cikadongdong, dan terkenal akan sunset dan sunrise-nya.

Tempat ini sangat asri dan pemandangan matahari terbit atau terbenamnya cukup elok jika dilihat dari Nangklak. Hanya saja, memang atraksi lain belum tersedia untuk saat ini. Akan tetapi, semuanya sepadan, karena selain menawan Anda juga tidak perlu merogoh kocek sama sekali, alias gratis.

Bagi yang hendak singgah ke Ciboer Pass, lokasi Nangklak berada pas sebelum Ciboer. Jadi, kalau sekalian mampir tidak masalah, hitung-hitung sembari memanjakan mata akan keindahan Tuhan yang lain.

  1. Kolam Renang Balong Sang Raja

Objek wisata kolam renang Balong Sang Raja di Cigasong Majalengka Jawa Barat merupakan objek wisata air yang sangat populer di kota Majalengka dan sekitarnya.

Objek Wisata Kolam Renang Balong Sang Raja di Cigasong Majalengka, Jawa Barat memiliki keunggulan berupa kolam renang dengan air yang jernih dan sejuk, dengan aliran sungai yang mengalir di danau untuk menciptakan tampilan kolam yang alami.

Ada juga arena bagi pecinta alam yang suka bermain berbagai jenis permainan. Tempat wisata Kolam Balong Sang Raja ini juga memiliki banyak pepohonan yang tinggi dan tua. Selain itu, ada juga situs sejarah Belanda, karena pernah menjadi tempat pertemuan raja-raja Belanda di masa lalu.

Itulah  7 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Ketahui ketika kamu berkunjung ke Majalengka. Sangat menarik bukan, daftar tempat wisata di Majalengka di atas? Mulai dari wisata alam sampai buatan, semuanya sama bagusnya. Masalah udara jelas sejuk dan tidak panas, pun panoramanya jempolan.

 

0 Komentar