TPS Desa Mertapada Wetan Overload

0 Komentar

Tempat pembuangan sampah di Desa Mertapada Wetan, Kecamatan Astana Japura Kabupaten Cirebon, meluber dan menimbulkan aroma serta pemandangan tak sedap bagi pengendara.

Kondisi tempat pembuangan sampah di Desa Mertapada Wetan Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon luber, akibat over kapasitas. Saat ini penanganan sampah hanya dikumpulkan dan dibakar sehingga menyebabkan sampah yang kian menggunung.

Sedangkan untuk upaya reduce reus dan recycle atau 3R dari pemdes belum bisa dilakukan secara maksimal. Itu dibuktikan dengan volume sampah dan alat pengolahan sampah yang belum bisa terbeli dikarenakan harga yang tidak murah.

Baca Juga:Perempuan Desa Cipakem Terseret Arus SungaiOknum Polisi Divonis 1 Tahun 10 Bulan Penjara

Kuwu Mertapada Wetan Sumarno mengatakan, Desa Mertapada Wetan memiliki TPS yang terbilang sukses dalam menangani sampah yang ada di desa dan setiap rumah warga. Bahkan sempat menyabet piagam penghargaan atas keberhasilan dalam penanganan sampah. Namun pihaknya saat ini belum bisa menangani sampah dengan baik, dikarenakan beberapa alat untuk pengelolaan sampah terbilang mahal.

Dengan kondisi seperti itu, maka sampah hanya bisa dikumpulkan dalam satu tempat dan pada saat sekarang, volume sampah sudah mencapai batas maksimal. Pemdes berencana akan berusahan menangani sampah dengan menyewa alat berat jenis beko untuk mengangkut dan mengkuburnya, sehingga sampah tak lagi terlihat sampai ke jalan.

Dia berharap,warga dan pemdes bisa bersinergi dalam penanganan sampah. Pasalnya saat ini masih banyak warga yang buang sampah sembarangan.

0 Komentar