Rest Area Heritage Di Brebes Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

0 Komentar

Rest area heritage km 260b Banjaratma ruas Tol Pejagan Pemalang di Brebes Jawa Tengah, menjadi salah satu rest area paling instagramable yang dapat ditemukan di sepanjang jalan tol Trans Jawa. Banyak orang  terpesona dengan gaya arsitektur dan keunikan bangunan cagar budaya yang disulap menjadi rest area ini.

Rest area yang masuk wilayah Kabupaten Brebes Jawa Tengah ini, dulunya merupakan pabrik gula Banjartama peninggalan penjajahan Belanda. Setelah gulung tikar, bangunan seluar 10,5 hektare ini, kemudian ditetapkan menjadi cagar budaya.

Seiring dibangunnya rest area tol Trans Jawa, bekas bangunan pabrik gula Banjaratma mulai direvitalisasi dan kemudian dialihfungsikan menjadi rest area. Uniknya rest area ini tidak mengubah tampilan dari bangunan bekas pabrik gula sebelumnya.

Baca Juga:Mata Air Cikabuyutan Dari Gunung SagaraJembatan Akses Penghubung Desa Dibiarkan Tanpa Pagar

Rest area banjaratma menjadi rest area paling ikonis dan instagramable serta memiliki banyak spot foto yang instagenic. Rest area ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk peristirahatan pengemudi, termasuk juga tenant kuliner, pusat oleh-oleh, galeri lukisan hingga sentra batik Indonesia

Falah salah seorang pengujung mengaku takjub dengan peninggalan bersejarah di rest area bekas pabrik gula ini yang tetap dipertahankan. Sehingga setiap kali melintas dari arah Semarang menuju Jakarta, ia sengaja beristirahat di rest area ikonik ini.

Masjid As Safar menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk menunaikan ibadah shalat. Arsitektur bangunan dari tumpukan batu bata merah ini, nampak tidak tertutup atap.

Pengunjung lain Tika mengatakan, rest area 260 B tersebut selalu menjadi tujuan utama untuk beristirahat. Tika mengaku suasana yang nyaman, toilet bersih dan masjid yang indah serta kuliner beraneka ragam dengan pusat oleh-oleh, menjadi alasan utama untuk mampir. Sejumlah pengunjung berharap fasilitas parkir dan toilet diperbanyak, untuk menampung pemudik saat arus mudik balik lebaran 2023 mendatang.

Pengelola rest area 260B Banjaratma juga telah menambah sejumlah fasilitas, seperti puluhan tempat wudhu hingga toilet nyaman. Direktur PP Sinergi Banjaratma Dina Yunanda mengatakan, pada arus mudik tahun 2023 pengunjung bisa berbelanja beraneka batik dari seluruh tanah air di sentra batik.

Turut disiapkan bengkel mobil permanen untuk membantu kendaraan pemudik yang bermasalah. Pengunjung juga dimanjakan dengan sejumlah spot swafoto cagar budaya bekas pabrik gula, seperti bekas mesin-mesin pabrik hingga lokomotif antik, hingga arena permainan anak.

Pada setiap libur akhir pekan, jumlah kendaraan mencapai 6000 kendaraan perhari, sedangkan pada saat arus mudik balik bisa mencapai 16.500 kendaraan setiap hari.

0 Komentar