4 Fakta Menarik Stasiun Bandung yang Jarang di Ketahui

4 Fakta Menarik Stasiun Bandung yang Jarang di Ketahui
0 Komentar

Sumber: Instagram

Halo warga Jabar! Sampurasun… Siapa sih yang belum pernah ke Stasiun Bandung ini? Pastinya sudah pernah kan… atau bagi yang belum pernah, yuk kita intip. Ada beberapa fakta menarik Stasiun Bandung yang jarang di ketahui oleh orang banyak.

Stasiun Bandung (Bd), juga di kenal sebagai Stasiun Hall, merupakan stasiun kereta api kelas A utama. DI perbatasan antara Jalan Stasiun Timur (Selatan) dan Jalan Kebon Kawung (Pintu Keluar Utara), Kota Bandung, Jawa Barat.

Stasiun yang terletak di ketinggian +709 meter ini merupakan stasiun induk Bandung Raya di Jawa Barat. Kemudian di kelola oleh Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi II Bandung dan KAI Commuter. 

Baca Juga:5 Fakta Menarik Tentang Kabupaten CiamisKondisi Cinta Kuya Setelah Kecelakaan Mobil di Amerika Serikat

Menjadikan nya salah satu stasiun kereta api yang terkenal di Jawa Barat. Sering di jadikan sarana transportasi para wisatawan termasuk wisata Bandung dan salah satu ikon wisata kota Bandung.

Selain itu, Stasiun Kereta Api Bandung juga melayani berbagai rute perjalanan dari lokal hingga antarkota. 

Berikut ini ada 4 fakta Menarik Stasiun Bandung yang jarang di ketahui oleh banyak orang, di antaranya:

Penghubung Tiga Jalur Inti

Stasiun kereta api Bandung saat itu di bangun untuk menghubung kan tiga jalur utama untuk memudahkan ekspor kopi oleh penjajah Belanda saat itu. Tiga jalan inti yang relevan adalah Bogor – Bandung – Cicalengka dengan panjang 184 km. 

Tujuan Awal Pembangunan

Stasiun Bandung di bangunbukanlah untuk angkutan penumpang seperti saat ini. Namun, untuk memudahkan ekspor barang oleh penjajah Belanda saat itu. 

Tahun Pembangunan

Pembangunan Stasiun Kereta Api Bandung di mulai pada tahun 1882. Stasiun Bandung, ikon wisata Bandung, di kelola oleh arkeolog dan arsitek Jan Willwm Ijzerman. 

Ketinggian Stasiun

Di ketahui Stasiun ini yang berada di ketinggian +709 mdpl ini tatak di km 155+134 lintas Bogor – Bandung – Yogyakarta.

Baca Juga:Spesifikasi Mobil Ayla Matic Terbaru 2023Mobil Daihatsu Ayla Terbaru – Layak dibeli?

Itulah beberapa fakta menarik tentang Stasiun Bandung yang jarang di ketahui oleh banyak orang. Yuk naik kereta di Stasiun Bandung.

0 Komentar