Apa sih Psilokogi Perkembangan Itu? Ini dia Penjelasannya

Psikologi Perkembangan
Psikologi Perkembangan
0 Komentar

Psikologi Perkembangan

RADARCIREBON.TV – Seiring perkembangn nya zaman, ilmu pengetahuan pun kian berkembang. Tak terkecuali dengan ilmu psikologi perkembangan.

Pengertian dari psikologi Perkembangan adalah suatu ilmu ang membahas tingkah laku manusia yang sedang dalam masa perkembangan.

Mulai masa dalam kandungan sampai meninggal dunia, dan selanjutnya berdasarkan pertumbuhan, kematangan, belajar dan pengalaman.

Baca Juga:Jurusan Psikologi Bisa Kerja Jadi Apa Sih? Yuk Simak 5 Prospek Kerjanya!Jalan-jalan Ke Kebumen, Jangan Sampe Lewatin Tempat Oleh-oleh Ini

Psikologi perkembangan mempelajari berbagai perubahan yang di bagi ke dalam tiga dimensi besar meliputi, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan sosio-emosional.

Studi psikologi perkembangan 

Studi psikologi perkembangan pada dasarnya bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan mengoptimalkan perkembangan seseorang.

Hal ini agar dapat memberikan beragam manfaat, salah satunya yaitu memahami pola pertumbuhan anak pada tiap fasenya.

Menurut Moh. Kasiram (1983:51) Ruang lingkup materi psikologi perkembangan meliputi masa dalam kandungan, anak bayi, anak kecil, anak sekolah, masa fueral, masa pra remaja, dan masa remaja serta masa dewasa.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, ilmu ini bisa di manfaatkan buat memperoleh manfaat perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar dengan menetapkan metode yg lebih baik sinkron menggunakan kebutuhan peserta didik.

Wilhelm Wundt, dikenal sebagai bapak psikologi karena jasanya mendirikan laboratorium psikologi pertama secara resmi.

Objek ilmu tersebut adalah perkembangan manusia sebagai pribadi (F.J. Monk, 2006 : 1). Para ahli psikolog juga tertarik akan masalah seberapa jauhkah perkembangan manusia tadi dipengaruhi oleh perkembangan masyrakatnya. Ilmu itu tertuju pada perkembangan manusianya sebagai person.

Baca Juga:Jelang di Buka Pendaftaran CPNS, Intip Cara Mendaftar Tes Calon Pegawai Negeri Sipil di Akun PortalnyaSudah Masuk Awal Tahun 2023, Ini Persyaratan Pendaftaran Calon Gegawai Negeri Sipil yang Harus Kamu Penuhi!

Faktor – Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan Perkembangan yaitu, faktor Genetik atau keturunan, faktor hormon, faktor gizi, faktor lingkungan, olahraga atau kesehatan, dan faktor Pendidikan.

Psikologi dan pendidikan merupakan dua hal yang selalu berhubungan. Hubungan psikologi dengan pendidikan mempunyai timbal balik, pendidikan mempunyai peran pada pembimbingan hidup individu dari lahir sampai masuk dalam liang lahat, dan pendidikan tidak berjalan tanpa adanya ilmu tersebut

Prinsip dasar perkembangan adalah 1) perkembangan bergantung pada genetik dan lingkungan, 2) perkembangan merupakan proses yang teratur dan mengikut pola yang dapat di prediksi, serta 3) orang berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda.

0 Komentar