Cobain Deh! 5 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat Paling Populer

makanan khas kuningan jawa barat
Tahu Lamping merupakan salah satu makanan khas Kuningan Jawa Barat
0 Komentar

Tahu Lamping merupakan salah satu makanan khas Kuningan Jawa Barat/ foto: Radar Kuningan/

RADARCIREBON.TV – Berbicara tentang makanan khas Kuningan Jawa Barat, seperti yang Anda lakukan di daerah lain. Apalagi, Kabupaten Kuningan menawarkan berbagai macam kuliner khas dan menggugah selera.

Itulah beberapa masakan umum yang terkenal enak, gurih, dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:SBY Pernah Kesini! Ini Dia Tempat Kuliner Kuningan Jawa BaratPaket Komplit! Ini Dia Harga dan Fasilitas Hotel Santika Pekalongan

Ada banyak hal yang indah di wilayah Jawa Barat ini, termasuk tempat wisata yang indah. Ini karena dataran tinggi Kuningan yang indah, hijau, dan tenang.

Lebih menggelitik karena tidak ada dua kuliner kuningan yang karena rasanya bisa membuat siapa saja tergila-gila.

Yuk simak beberapa rekomendasi kuliner internasional terkenal di Kuningan.

Tahu Lamping

Lamping yaitu daerah pada pinggiran Gunung Ceremai. Menurut legenda, tahu ini di temukan di kawasan Lamping Gunung Ceremai, oleh karena itu di beri nama Tahu Lamping.

Bagian dalam tahu kuning biasa halus dan keras, menyerupai tahu Sumedang. Makanan khas Kuningan ini sangat nikmat jika dipadukan dengan cabai rawit.

Papais

Kue ini di masak menggunakan singkong atau ketan yang di bungkus daun pisang. Papais datang dalam dua varietas di Kuningan.

Nagasari yang pertama di buat dari singkong ini sarat dengan pisang. Seperti yang ada di Jawa Tengah, rasanya sering manis. Pilihan kedua adalah papais tanpa isian yang biasanya memiliki rasa asin.

Warna papai telah berubah akibat inovasi kuliner. Ada papais yang berwarna kuning, hijau, dan merah. Saat ada arisan atau jajanan keluarga, kuliner khas Kuningan ini mungkin akan di sajikan.

Baca Juga:5 Wisata Pekalongan Paling Hits 2023Sejarah Stasiun Pekalongan

Kwecang

Kwecang memiliki bentuk yang awalnya mengingatkan pada apa yang di kenal masyarakat umum sebagai ‘siomay’.

Bahan yang di gunakan untuk membuatnya adalah air kapur sirih dan beras ketan. Adonan tersebut kemudian di bungkus dengan daun bambu di kedua sisinya untuk menciptakan aroma yang khas.

Kemudian di masak dengan uap hingga memiliki tekstur yang sangat lembut. Hindari pembelian dalam jumlah banyak karena jajanan tradisional ini memiliki masa simpan tidak lebih dari satu hari.

Ketempling Kuningan

Jajanan khas kuningan berbahan dasar singkong adalah ketempling. Bagian tengah bentuk, yang merupakan lingkaran yang mengembang, kosong.

Hidangan tradisional Kuningan ini di tawarkan dalam berbagai rasa, antara lain pedas, cheddar, ubi ungu, dan masih banyak lagi. Cukup renyah di mulut setelah digigit.

Di toko oleh-oleh di kawasan Kuningan, Anda bisa membeli ketempling khas Kuningan.

Nasi Kasreng

Sajian terkenal lainnya dari daerah Kuningan adalah nasi kasreng. Nasi, tauge, beberapa ekor udang rebon, dan gorengan adalah bahan utama dari satu porsi nasi kasreng.

Tak lupa juga ada tambahan sambal terasi untuk menambah cita rasa nasi kasreng ini.

Pedagang, kuli, sopir bus dan kernet termasuk pelaku ekonomi yang sering membeli nasi kasreng dan lauk pauk ini di Pasar Luragung.

Hampir semua orang Kuningan sudah familiar dengan masakan ini saat ini.***

0 Komentar