Simak Formasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2023

ilustrasi penerimaan calon pegawai negeri sipil 2023
ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil 2023. kemenpanrb
0 Komentar

ilustrasi penerimaan calon pegawai negeri sipil 2023. kemenpanrb

RADARCIREBON.TV – Setelah fokus pada perekrutan PPPK 2022, kini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI sudah mematangkan mengenai proses pelaksanaan seleksi untuk formasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

Di bukanya pendaftaran formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 ini tentu menjadi angin segar tersendiri untuk masyarakat yang memang ingin menjadi PNS.

Bagi yang belum lolos dalam seleksi CPNS 2021, pembukaan CPNS 2023 ini menjadi kesempatan masyarakat untuk kembali turut serta dalam seleksi CPNS di tahun 2023.

Baca Juga:Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023, Buka Lagi, Nih!Benteng Pendem Cilacap, Bukti Sejarah Kolonial Belanda di Pelabuhan

Formasi ASN 2023

Mengutip dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), seleksi CPNS tahun 2023 di prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan profesi tertentu.

Posisi tersebut seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 45 Tahun 2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Selain seleksi CPNS, pemerintah juga membuka rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun depan.

Seleksi PPPK tahun 2023 akan di fokuskan pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

Ada empat kebijakan yang mendukung transformasi sumber daya manusia dalam pengadaan tahun 2023 ini.

Arah Kebijakan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2023

Adapun arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023 yakni pertama fokus pelayanan dasar, seperti guru dan tenaga kesehatan. Fokus tersebut juga yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah tenaga non-ASN secara optimal.

Baca Juga:Penginapan Murah dan Nyaman! Inilah Fave Hotel CilacapFave Hotel Cilacap, Pilihan Menginap Murah dan Dekat Alun-Alun

Kedua, adalah kebijakan yang memberi kesempatan rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur. Kemudian arah kebijakan ketiga, yakni merekrut CPNS secara sangat selektif.

Dan terakhir, keempat, arah kebijakannya yakni mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh tranformasi digital.

Di tegaskan pula bahwa rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun.

Dan juga untuk pemenuhan sumber daya manusia guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Tak hanya itu, pemerintah pun telah menyiapkan kajian terkait penataan dan pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat, serta DOB (Daerah Otonom Baru) Papua.

0 Komentar