Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023, Buka Lagi, Nih!

ilustrasi seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil
ilustrasi seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) mungkin masih jadi sebagian mimpi orang-orang. Rekrutmen yang di buka pun tak jaranga hampir ribuan kuota tersedia.

Jadwal rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2023, masih belum sepenuhnya. Hal ini di karenakan masih tahap penyesuaian kebutuhan posisi di berbagai kementerian yang ada di Indonesia.

Sejak kabar rilisnya di tahun 2022 lalu, tahun ini akan kembali di buka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terdiri dari CPNS, dan PPPK.

ilustrasi seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil

Baca Juga:Benteng Pendem Cilacap, Bukti Sejarah Kolonial Belanda di PelabuhanPenginapan Murah dan Nyaman! Inilah Fave Hotel Cilacap

Arah Kebijakan Seleksi ASN 2023

Mengutip dari kompas.com, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menegaskan dalam siaran pers Kementerian PANRB (26/12/2022) bahwa, “Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023.”

Ada empat kebijakan yang mendukung transformasi sumber daya manusia dalam pengadaan tahun 2023 ini.

Adapun arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023 yakni pertama fokus pelayanan dasar, seperti guru dan tenaga kesehatan. Fokus tersebut juga yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah tenaga non-ASN secara optimal.

Kedua, adalah kebijakan yang memberi kesempatan rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur. Kemudian arah kebijakan ketiga, yakni merekrut CPNS secara sangat selektif.

Dan terakhir, keempat, arah kebijakannya yakni mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh tranformasi digital.

Masih menurut Anas, khusus untuk seleksi CPNS di tahun 2023 ini, formasi yang dibutuhkan yaitu hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Pengadaan ASN PPPK

Sedangkan untuk PPPK akan lebih fokus pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Baca Juga:Fave Hotel Cilacap, Pilihan Menginap Murah dan Dekat Alun-AlunAzana Asia Hotel Cilacap; Rekomendasi Hotel Berkelas Dengan Harga Terjangkau

Hingga saat ini, tiap instansi masih merumuskan formasi pengadaan yang di butuhkan sesuai arah dalam peraturan MenPANRB.

Rekrutmen CASN di tahun 2023 ini juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu seperti indikator jumlah PNS yang pensiun. Kemudian, pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasonal, termasuk letak geografis, dan kemampuan anggaran.

Itulah sedikit informasi mengenai rekrutmen calon pegawai negeri sipil di tahun 2023.

0 Komentar