Benteng Pendem Cilacap, Bukti Sejarah Kolonial Belanda di Pelabuhan

Benteng Pendem Cilacap wisata bersejarah
Benteng Pendem Cilacap wisata bersejarah
0 Komentar

Benteng Pendem Cilacap yang Bersejarah. foto: radarbanyumas

RADARCIREBON.TV – Berwisata dan traveling adalah dua hal yang sangat berkaitan, dan orang yang melakukan kegiatan tersebut kerap di sebut traveler. Tapi, sudahkan sobat berkunjung ke tempat bersejarah Benteng Pendem Cilacap?

Benteng Pendem Cilacap merupakan salah satu warisan bangunan peninggalan zaman kolonial kala itu.

Benteng ini juga termasuk sangat luas dan bisa sobat nikmati sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Cilacap. Ada apa saja di Benteng Pendem Cilacap?

Baca Juga:Penginapan Murah dan Nyaman! Inilah Fave Hotel CilacapFave Hotel Cilacap, Pilihan Menginap Murah dan Dekat Alun-Alun

Sekilas Mengenai Benteng Pendem

Memiliki nama lain dalam bahasa Belanda, yakni Kustbatterij op de Landtong te Tjilatjap, tempat ini merupakan benteng pertahanan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang terletak di tepi pantai Cilacap Jawa Tengah.

Benteng pendem yang merupakan sebuah benteng peninggalan jaman Belanda ini tepatnya berlokasi di Sentolokawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Benteng ini di bangun pada tahun 1861 – 1979.

Luas dari wilayah benteng ini kurang lebih mencapai 10,5 hektar. Di mana dahulu, di bangunnya benteng ini adalah bentuk pencegahan jika sewaktu-waktu ada serangan musuh.

Apalagi, Cilacap memang sebuah daerah yang sangat strategis sehingga di jadikan sebuah kota pelabuhan.

Dinamakan benteng pendem, karena benteng ini lokasinya terpendam atau tertimbun dengan tanah. Dalam bahasa Belanda benteng ini di namai dengan Benteng Kusbatterij op de Landtong te Tjilatjap

Meski bentuknya sebuah benteng, tapi lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Cilacap yang populer. Sebab, lokasi ini, menyuguhkan pesona keindahan dengan spot sejarahnya, sehingga cocok untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

Waktu yang tepat untuk berlibur dan mengeksplor ke Benteng pendem, pada saat hari libur. Tempat liburan yang satu ini rekomended untuk belajar, sehingga dijadikan cagar budaya dan pusat edukasi sejarah.

Baca Juga:Azana Asia Hotel Cilacap; Rekomendasi Hotel Berkelas Dengan Harga TerjangkauLayaknya Cirebon, Cilacap Juga Punya Dua Budaya; Jawa dan Sunda

Ada beragam ruangan di dalam benteng ini, sperti barak, gudang senjata, penjara, ruang rapat, linik, tempat meriam, kamar penjaga, ruang akomodasi hingga ruang perwira.

Bahkan, konon ada sebuah terowongan bawah laut yang terhubung hingga benteng di Nusakambangan, loh. Meski begitu, itu belum bisa di buktikan kebenarannya.

Tiket dan Jam Buka

Nah, untuk bisa masuk ke tempat bersejarah ini sobat akan di kenakan tarif tiket sebesar Rp. 7.500 per orang.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri mulai dari jam 08.00 sampai 18.00 WIB.

Apakah sobat tertarik untuk berkunjung ke tempat ini?

0 Komentar