5 Makanan Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera, No 1 Paling ENAK!

5 Makanan Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera, No 1 Paling ENAK!
Nasi Tutug Oncom merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat/ foto: Resep Aku/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berikut Beberapa makanan khas Jawa Barat yang terkenal.

Salah satu provinsi Indonesia dengan beragam nilai, tradisi, dan budaya adalah Jawa Barat. Daerah yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata adalah provinsi ini.

Jawa Barat memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alam yang memukau, beragam pilihan retail, dan kuliner yang menggugah selera.

Budaya masyarakat Sunda yang berdiam di sini tak lepas dari beragam kuliner khas Jawa Barat. Kelezatan unik ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan terus ada seiring kemajuan zaman. Banyak dari mereka bahkan mendapatkan popularitas.

Baca Juga:Hotel Cahaya Villa Garut, Pilihan Terbaik Untuk Penginapan Liburanmu!Seperti Amerika, Green Canyon Tempat Wisata Ciamis yang Populer!

Kuliner khas Jawa Barat memiliki ciri khas tersendiri, seperti lauk pauk yang asam dan pedas, lalapan yang disajikan mentah sebagai lauk, seringnya menggunakan seafood, dan maraknya jajanan asin.

Meski banyak kuliner khas Jawa Barat yang kini tersedia di tempat lain, tak di ragukan lagi mereka akan kalah dari daerah asalnya dalam hal rasa.

Setiap kuliner memiliki ciri khas mulai dari bahan, bumbu penyeimbang, hingga bentuknya. Jadi, Anda ingin menjadwalkan waktu untuk berwisata kuliner jika Anda pergi ke provinsi Jawa Barat.

Anda dapat menikmati makanan khas Jawa Barat yang lezat yang tercantum di bawah ini saat Anda pergi ke sana.

Seblak

foto: Traveloka

Kuliner Jawa Barat di kenal dengan seblaknya yang daya tariknya tak terbantahkan. Meski seblak nampaknya merupakan jajanan kekinian yang populer, sebenarnya seblak sudah ada sejak tahun 1990-an.

Masakan dari kota Kembang ini biasanya di produksi dengan berbagai macam isian, antara lain kerupuk basah, mi instan, jajanan beku, bakso, dan lain-lain, serta di bumbui dengan kencur (kencur).

Kata “seblak” sendiri berasal dari bahasa sunda, tepatnya kata “menyengat” dan “segak” (bau). Istilah “seblak” mengacu pada komponen utama campuran kencur dan cabai yang di tumis saat menyiapkan seblak.

Karedok

foto: Endeus.TV

Baca Juga:Ini Dia, 3 Kedai Hucap Makanan Khas Kuningan Jawa Barat yang Terkenal!Yuk Menginap di KHAS Hotel Tegal – Harga & Fasilitas

Sepintas, masakan khas Provinsi Jawa Barat ini mirip dengan makanan gado-gado yang berasal dari Jakarta. Kedua resep ini terdiri dari berbagai sayuran yang telah di lumuri saus kacang.

Tapi, sayuran yang di gunakan yang menonjol. Jika gado-gado menggunakan variasi sayuran rebus untuk menghilangkan rasa mentah sayuran, karedok menggunakan variasi sayuran mentah untuk membuat rasa lebih kaya.

Nasi Tutug Oncom

foto: Rasabunda

Hidangan khas dari Jawa Barat yaitu kota Tasikmalaya adalah tutug oncom. Tutug oncom menggunakan oncom sebagai penyusun utamanya, seperti namanya.

Oncom di buat dengan terlebih dahulu digoreng atau di bakar, kemudian diblender dengan nasi yang di bentuk dari beras yang di tumbuk agar nasinya lebih kecil dan lembut.

Tutug oncom ini memiliki cita rasa utama yaitu gurih sesuai dengan cita rasa oncom yang khas.

Sega Lengko

foto: ResepKoki

Sega lengko kadang di sebut nasi lengko merupakan makanan pokok dari Jawa Barat yang juga khas Jawa Tengah. Bandung, Cirebon, Brebes, Tegal, dan sekitarnya adalah tempat di mana Sega Lengko dapat di temukan.

Daftar bahan sederhana Sega Lengko meliputi nasi, tempe goreng, tahu goreng, tauge, dan kucai. Setelah semuanya tercampur, bumbu kacang, kecap manis, bawang goreng, dan kerupuk di tambahkan ke dalam masakan.

Lotek

foto: fimela

Saat pertama kali melihat lotek, Anda pasti akan berpikir tentang nasi khas Jawa Timur yang di kenal dengan nama pecel. Namun, ada beberapa perbedaan yang bisa di lihat jika Anda perhatikan dengan cermat.

Ini termasuk bumbu lotek, yang menggabungkan bawang putih dan terasi, mencampurkan sayuran dengan bumbu kacang, dan penambahan bala-bala ke lotek.***

0 Komentar