OGOH-OGOH MIXUE VIRAL DI TIKTOK – BIKIN NGAKAK

OGOH-OGOH MIXUE VIRAL DI TIKTOK - BIKIN NGAKAK
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Setelah mengetahui fakta menarik tentang ogoh-ogoh dari artikel sebelumnya. Kemudian mengenal berbagai macam ogoh-ogoh bali 2023. Kali ini ada bentuk yang sangat unik yakni berbentuk boneka Mixue yang viral di Tiktok.

Pawai Ogoh-Ogoh adalah salah satu prosesi umat Hindu di Indonesia menjelang Hari Raya Nyepi. Prosesi yang di sebut pengerupukan ini di tandai dengan adanya panggung ogoh-ogoh atau patung-patung yang menggambarkan kepribadian dan watak Bhuta Kala. Biasanya Ogoh-Ogoh di gambarkan dengan tubuh besar, kuku panjang, dan wajah seram.Namun tahun ini, Ogoh-Ogoh yang menarik perhatian publik karena bentuknya yang tidak menyeramkan. Serangkaian video yang di unggah pengguna TikTok menampilkan Ogoh-Ogoh berupa maskot Mixue yang baru-baru ini di resmikan masyarakat menjelang perayaan Nyepi di Pulau Bali.

Tidak seperti Ogoh-Ogoh lain yang memiliki wajah jahat, Ogoh-Ogoh Mixue memiliki senyum yang sangat ramah. Maskot berbentuk manusia salju itu memiliki jubah merah dan memegang tongkat berhias es krim.

Baca Juga:Perbandingan Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush 2023, Mana Yang Lebih Unggul?Download Tarling Cirebonan Lawas Terpopoler Sepanjang Masa

Setelah Ogoh-Ogoh di bawa keliling desa kemudian di bakar. Pembakaran ogoh-ogoh di maknai sebagai upaya untuk menghilangkan keburukan yang di lambangkan dengan bhuta kala di atas tanah. Ke esokan harinya, orang Bali diam-diam merayakan Tahun Baru Caka atau Hari Raya Nyepi dan melakukan Catur Brata Penyepian.

Saat ini Pengerupukan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bali. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mengikuti pawai Ogoh-Ogoh. 

Pembuatan Ogoh-ogoh Mixue

Sebagaimana di unggah oleh salah satu akun tiktok @Balistory https://vt.tiktok.com/ZS8qBSTTv/

Sekumpulan Pemuda di Bali sangat kreatif membuat bentuk boneka Mixue. Hal ini sangatlah wajar dan menjadi daya tarik masyarakat Bali. Pasalnya ada jenis ogoh-ogoh yang di perbolehkan untuk di pamerkan dalam Pawai yakni Bentuk Kontemporer.

Viral di Tiktok Ogoh-ogoh Mixue dan Larva

Sudah baca belum nih fakta menarik tentang ogoh-ogoh Bali 2023. Jika belum bisa di baca untuk menambah wawasan tradisi di Bali ini.

Selain Fakta dan Makna kalian juga harus tahu bahwa ada Ogoh-ogoh terbesar. Belum Baca? Yuk Baca dulu.

0 Komentar