Pemdes Ambulu Gelar Ekspose Risalah Sejarah

0 Komentar

Risalah penelusuran sejarah Desa Ambulu, digelar Pemerintah Desa Ambulu dengan menghadirkan pelaku sejarah dan tokoh masyarakat, Selasa siang. Pada kesempatan itu, kuwu menyebut terkait sejarah ambulu sendiri, diakuinya ada beberapa referensi baik itu dari cerita rakyat maupun dari catatan dari sejarawan dan budayawan keraton yang ada di Cirebon.

Pemerintah desa (Pemdes) Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, menggelar ekspos risalah penelusuran sejarah berdirinya desa, Selasa siang. Kegiatan itu digelar dengan menghadirkan pelaku sejarah dan tokoh masyarakat, serta dinas terkait.

Kuwu Ambulu, Sunaji mengatakan, setiap desa sejatinya memiliki sejarah awal mula berdirinya desa yang diwariskan oleh para leluhurnya, baik melalui cerita rakyat maupun yang tertulis dalam buku sejarah. Ekspos ini untuk menggali berbagai informasi berkenaan dengan awal sejarah berdirinya Desa Ambulu melalui berbagai sumber.

Baca Juga:Kuwu PAW Desa Sinarancang Resmi Dilantik Kupas Sejarah Desa Ambulu

Tujuannya, dari mengupas sejarah itu, nantinya dijadikan referensi untuk di tetapkan sebagai hari jadi desa. Kuwu menyebut, sejarah merupakan cerminan masa lalu untuk dijadikan sebagai langkah di masa depan, selain itu dengan menggali sejarah wawasan dan pengetahuan khususnya generasi muda akan bertambah luas.

Sementara, terkait sejarah ambulu sendiri, diakui kuwu ada beberapa referensi, baik dari cerita rakyat maupun dari catatan dari sejarawan dan budayawan keraton yang ada di Cirebon. Untuk itu perlu penelusuran lebih jauh untuk mengetahui sejarah desa.

0 Komentar