Kepoin Wisata Sumedang Jatigede, Yuk! Ini Ceritanya

wisata sumedang jatigede / radarcirebon
wisata sumedang jatigede / radarcirebon
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Masih dari Sumedang, ada lagi nih wisata dari Jatigede, yang menawarkan panorama khasnya.

Wisata Sumedang Jatigede, memiliki potensi wisata yang cukup menarik wisatawan.

Waduk Jatigede sendiri adalah sebuah waduk yang terletak di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan waduk ini telah lama direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Waduk ini mulai di bangun tahun 2008 pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian baru di resmikan pada tahun 2015 serta beroperasi penuh pada 2017.

Baca Juga:Lagi Ramai! Ini Dia Wisata Sumedang Hits yang RekomendedMau Menginap Murah? Ini Hotel Temanggung yang Ramah Kantong

Waduk ini dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk di wilayah Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang dengan dengan kapasitas tampung 979,5 juta meter kubik air.

Dari hal tersebut menjadikan Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia.

Sekilas sejarahnya

Pembangunan waduk ini sudah ada dan di rencanakan sejak zaman Hindia Belanda.

Kala itu, Pemerintah Hindia Belanda merencanakan pembangunan tiga waduk di sepanjang aliran Sungai Cimanuk dan waduk Jatigede merupakan waduk utama dan yang paling besar.

Akan tetapi, pembangunan ketiga waduk itu justru mendapatkan tentangan dari masyarakat sekitar sehingga pembangunannya di batalkan.

Kemudian, baru pada tahun 1990-an, rencana pembangunan waduk Jatigede kembali menghangat.

Informasi wisata di waduk Jatigede, bisa di baca di bawah ini.

Baca Juga:Daftar Wisata yang Dekat dari Parakan Temanggung, Asri!5 Wisata Temanggung yang Rekomended, Cocok Buat Healing!

Wisata Waduk Jatigede

Berlokasi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, wasuk ini memiliki kapasitas tamping sekitar 975 meter kubik air. Kabarnya, waduk Jatigede merupakan yang terbesar kedua di Indonesia.

Berfungsi sebagaimana waduk pada umumnya, waduk Jatigede memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain itu, juga berfungsi sebagai sarana budidaya perikanan air tawar.

Tiket masuk ke sini cukup merogoh kocek Rp. 5000 per orang dengan tambahan biaya parkir. Untuk motor sebesar Rp. 2000, dan mobil sebesar Rp. 5000.

Nah, ada lagi di atasnya yakni Puncak Damar Waduk Jatiged, kamu tinggal tambah Rp. 4000, sudah bisa menikmati panorama keindahan alam dengan spot foto instagramable.

Itulah sekilas singkat cerita dari Waduk Jatigede yang ada di Sumedang. Memang, selain punya fungsi yang vital sebagai bendungan, tempat ini juga ternyata bisa berfungsi jadi tempat wisata.

Kalau kamu tertarik berkunjung ke sini, kabar-kabar, yak!**

0 Komentar