BIKIN NGILER! Kuliner Sukabumi Ini Nikmat Banget! Wajib Coba Untuk Menu Buka Puasa!!

BIKIN NGILER! Kuliner Sukabumi Ini Nikmat Banget! Wajib Coba Untuk Menu Buka Puasa!!
Kuliner sukabumi (foto : https://www.indiffs.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sedang berada di Sukabumi namun bingung ingin makan apa? Jangan khawatir, Sukabumi memiliki beragam kuliner yang menggugah selera.

Sukabumi merupakan sebuah kota dengan wilayah yang paling kecil di Jawa Barat. Namun, di kota ini terdapat banyak tempat makan yang lezat yang menawarkan berbagai hidangan khas dengan harga yang terjangkau.

Nah penasaran ada kuliner apa aja di Sukabumi? Berikut ini informasinya.

  1. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu yang terkenal dan menjadi ikon dari kota Sukabumi adalah Nasi Uduk Ungu Mamih Ungu. Di lokasi ini, kita akan di sajikan dengan nasi yang bercita rasa gurih dan berwarna ungu yang memukau. Warna ungu pada nasi tersebut di hasilkan dari perpaduan bahan-bahan tradisional berupa buah bit dan ubi ungu.

Baca Juga:Sate Taichan VS Sate Biasa, Ternyata Ini Perbedaannya!!MANTAPP!! Makanan Khas Tasikmalaya Jawa Barat Ini Gak Boleh di-skip Ketika Kamu ke Sini!!

Beberapa hidangan yang di sukai yang di sajikan dengan nasi ungu termasuk ayam panggang, tahu saus asam manis, dan iga saus pete. Setiap hidangan tersebut sangat menggiurkan terutama jika di nikmati bersama keluarga.

2. Geco

Geco, singkatan dari tauge tauco, merupakan makanan khas Sukabumi dan Cianjur. Bahan utamanya adalah dadih spesial yang di bungkus daun caraca (daun pisang matang) dan kacang segar yang sudah di masak, ketupat, potongan kentang kecil, potongan telur rebus, mie aci (mi tepung), cuka padang (cairan fermentasi). pohon palem), kecap manis dan cabai. 

Sekilas makanan ini tampak serupa dengan kupat tahu. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaan tauco sebagai saus pelengkap yang menambahkan rasa asam, manis, segar, dan gurih pada satu hidangan yang sama.

3. Ciuk

Kudapan khas Sukabumi yang di kenal dengan nama ciuk sering kali di hidangkan pada bulan Puasa. Ciuk ini terbuat dari tepung sagu atau aci dan bawang yang memberikan citarasa gurih. Biasanya, ciuk disajikan dengan siraman suuk, yaitu bubur kacang tanah.

4. Bandros

Apabila dilihat secara kasat mata, bandros terlihat serupa dengan kue pancong. Namun, terdapat beberapa perbedaan pada komposisinya, yaitu penggunaan tepung beras, campuran parutan kelapa, santan, dan soda.

Rasa enaknya pas, lembut di dalam dan renyah di luar. Berbagai pilihan rasanya juga beragam dari rasa asli, cokelat, keju, dan keju cokelat. Harganya juga tergolong murah, hanya belasan ribu rupiah.

Bandros yang paling terkenal dan melegenda di Sukabumi adalah Bandros Ata. Lokasinya ada di pinggir Jalan Gudang, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Tempat makan bandros ini populer sebagai destinasi para wisatawan.

Baca Juga:Keunikan Pakaian Adat Jawa BaratMERAPAT! Ini Dia Tempat Wisata Islami – Cicalengka Dreamland Bandung

Demikianlah kuliner Sukabumi yang wajib kamu coba bila sedang berada di Sukabumi.

0 Komentar