TPS Liar Mulai Dibersihkan

0 Komentar

Sejumlah TPS liar di wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur mulai dibersihkan. Hal ini sebagai upaya mengurangi volume sampah dan menyambut lebaran Idul Fitri.

Menyambut lebaran Idul Fitri, Dinas Lingkungan Hidup, DLH, Ketua dan Wakil DPRD Kabupaten Cirebon, bersama Kuwu Sumberkidul dan Kuwu Hulubanteng Lor, melakukan sidak ke tempat pembuangan sampah, TPS liar yang berada di sepanjang bahu jalan Desa Hulubanteng, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, Kamis siang.

Selama ini sampah tersebut dibiarkan menumpuk begitu saja tanpa ada penangangan dari pemerintah, sehingga membuat kontor dan meresahkan warga.

Baca Juga:Tes Urine 50 Sopir Bus dan Travel Angkutan LebaranSunjaya Minta Fee Proyek Pembanguan Sport Center Watubelah 

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon mengatakan, banyaknya TPS liar di Kabupaten Cirebon diakibatkan masih menimnya penanganan sampah yang bisa dilakukan oleh pemerintah. Pasalnya, dengan jumlah produksi sampah yang mencapai 1000 ton, saat ini baru bisa ditanangani 200 ton saja. Dengan demikian, masih ada 800 ton sampah yang belum bisa tertangani, sehingga mengakibatkan TPS liar muncul dimana-mana.

Meski demikian, pemerintah akan berupaya maksimal secara bertahap untuk penanganan sampah, agar ditahun 2024 bisa mewujudkan Kabupaten Cirebon bebas sampah. Sedangkan untuk TPAS Kubang Deleg, setelah lebaran akan mulai dioperasikan.

Selain itu, jumlah armada pengangkut sampah juga akan ditambah dengan target 80 unit armada, yang mampu beroperasi 2 kali mengangkut sampah dalam sehari.

0 Komentar