Fakta Menarik Terminal Wonogiri Harus Kamu Tahu

Fakta Menarik Terminal Wonogiri Harus Kamu Tahu
Sumber : Triunt
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Hai bestie Radar Cirebon! Kalian tahu gak sih dengan Teriminal Wonogiri?. Oke jika belum inilah Fakta menarik Terminal Wonogiri yang harus kamu tahu.

Fakta Menarik

Di lansir dari wikipedia bahwa Terminal Giri Adipura atau yang lebih di kenal dengan Terminal Krisak merupakan terminal penumpang Tipe A dan terminal utama terbesar di Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya Terminal ini terletak di Jalan Wonogiri – Sukoharjo, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Dengan luas 50.800 m2 ini di bangun pada tahun 2010 dan resmi di buka pada tanggal 16 Oktober 2014. Terminal ini menggantikan terminal Klampisa yang sudah tidak representatif lagi (1,5 km arah timur dari terminal baru). . Terminal ini melayani moda angkutan umum perkotaan, daerah, antarprovinsi (AKDP) dan antarkota dan provinsi (AKAP).

Bus merupakan moda transportasi umum utama yang paling sering di gunakan warga Wonogiri saat bepergian dari kota-kota seperti Bandung, Jabodetabek, Sumatera dan kota lainnya. Hal ini di karenakan banyak masyarakat Wonogiri yang keluar kota untuk merantau ke kota-kota tersebut, sehingga banyak Perusahaan Otobus (PO) yang membuka rute menuju dan sekitar Wonogiri sebagai tempat asal dan tujuan. 

Baca Juga:Harga Honda Freed Baru 2021 – Cocok Buat Jalan-jalanHarga Mobil Ayla Bekas 2017 – Masih Layak Gak?

Budaya

Wonogiri merupakan daerah yang di kenal dengan penduduk Boro yang besar. Istilah Boro berasal dari bahasa Jawa yang artinya pengembara. Boro adalah nama yang di berikan kepada para pendatang dari Wonogir yang merantau ke berbagai daerah di Indonesia untuk bekerja. Menurut Disnaker Wonogiri tahun 2006, sedikitnya 10% dari total penduduk Wonogiri bermigrasi. Saat ini data jumlah Boro di data Wonogiri tidak lagi di masukkan sebagai angka. Namun, berdasarkan informasi yang di terima dari otoritas terkait, jumlah boron tumbuh sekitar 5 persen setiap tahun.[7][8]

Budaya migrasi suku Boro merupakan fenomena yang di turunkan dari generasi ke generasi dan berlanjut hingga beberapa generasi. Selanjutnya, migrasi biasanya melingkar, yaitu. H. mereka memilih untuk tidak terus-menerus menetap dan berpindah-pindah dalam setahun. Hal ini menjadikan bus jarak jauh sebagai salah satu sarana transportasi umum terpopuler di wilayah ini. Banyak perusahaan bus berlomba-lomba untuk membuka dan menawarkan layanan bus jarak jauh yang berkualitas baik dengan harga yang wajar. Pada umumnya banyak perusahaan bus yang membuka layanan SLJJ ke kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Bandung, Jabodetabek, Merak, Surabaya, dll. Bahkan, beberapa perusahaan bus sudah memberanikan diri membuka layanan SLJJ ke kota-kota di luar Jawa, seperti Bali dan Sumatera.

Jalan Tol Transjawa gabungan di penghujung tahun 2018 membuat perusahaan bus bersaing dalam berbagai inovasi seperti B. Pembukaan jadwal bus jarak jauh melalui Tol Transjawa yang sebenarnya berarti waktu tempuh yang lebih cepat. Selain itu, beberapa perusahaan bus sudah mulai membuka jadwal keberangkatan pagi dari Wonogir agar penumpang bisa mencapai tujuan akhir sebelum malam tiba. 

Rute

Terminal Angkuta – Wonokarto – Giriwono – Terminal Induk Giri Adipura – Depan Kecamatan Selogiri.

0 Komentar