Lebih Bagus Mana Smart TV atau Android TV? Simak Penjelasannya Di Sini!

Lebih Bagus Mana Smart TV atau Android TV? Simak Penjelasannya Di Sini!
Foto : (freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Yuk simak penjelasan mengenai “Lebih bagus Smart TV atau Android TV” di sini!

Smart TV

Smart TV adalah televisi yang memiliki fitur canggih dan kecerdasan unik yang tertanam di dalamnya. Dengan karakteristik ini, Anda dapat melakukan tugas apa pun yang tidak dapat dilakukan oleh TV standar.

Namun, koneksi internet diperlukan untuk menggunakan fungsionalitas Smart TV. Smart TV memerlukan port Ethernet atau Wi-Fi untuk terhubung ke internet.

Baca Juga:Hp Nokia C21 Plus & C31 Ini Lagi Tebar Pesona! Yuk Buruan Cek!Toyota Yaris Cross GR – Tampilan & Kualitas Mewah Cuman Rp 300 Juta-an!

Berdasarkan fitur yang tersedia, Smart TV memiliki sejumlah keunggulan dibanding Android TV.

Kelebihan

Program dan fitur semuanya termasuk dalam satu bundel.

Anda dapat menghindari pemikiran untuk membeli televisi dan menghubungkannya ke internet dengan membeli Smart TV.

Sistem operasi ini juga terhubung dengan smart TV sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi jejaring sosial, streaming konten, dan web surfing.

Smart TV sering menggunakan salah satu sistem operasi berikut: TV Android Sony, WebOS LG, OS Tizen Samsung, atau OS Roku TVL.

Hanya menggunakan satu remote

Hanya satu remote control yang Anda perlukan untuk mengoperasikan TV pintar karena mencakup semua fungsi dan acara dalam satu paket.

Namun, saat menggunakan jenis TV lain, Anda harus menggunakan remote televisi standar dan remote control.

Meskipun Smart TV menawarkan banyak keuntungan, Smart TV juga memiliki banyak kekurangan, itulah sebabnya banyak konsumen terus memilih bentuk TV alternatif.

Baca Juga:3 Penginapan Terbaik Dekat Dusun Semilir Eco Park, Buruan Cek!Intip Yuk! 3 Glamping Murah di Bandung yang Bikin Betah

Kekurangan

biaya astronomi

Secara alami, Smart TV jauh lebih mahal daripada televisi pada umumnya. Karena itu, bagi Anda yang menginginkan TV dengan fitur-fitur mutakhir harus merogoh kocek lebih dalam.

Smart TV paling murah yang ada saat ini harganya sekitar Rp 2 jutaan. Anda harus mengeluarkan biaya ekstra jika menginginkan fitur Smart TV yang lebih canggih.

Bahkan beberapa pembuat televisi mematok harga lebih dari Rp 12 juta untuk Smart TV. Nyatanya, Anda sudah bisa mendapatkan TV dengan fitur-fitur mumpuni dengan harga kurang lebih Rp. 2 juta.

Batasan Penggunaan

Tidak seperti Android TV, yang menawarkan aplikasi dalam jumlah tak terbatas. Aplikasi Smart TV hanya kompatibel dengan sistem operasi Smart TV.

Tentunya Anda harus memilih Smart TV dengan sistem operasi Android jika menginginkan Smart TV dengan aplikasi yang tidak ada habisnya.

Android  TV

Android TV adalah versi khusus dari sistem operasi Android yang dirancang untuk Smart TV. Sistem operasi ini saat ini di dukung oleh smartphone, tablet, dan perangkat yang dapat di kenakan. Android TV memiliki beragam kelebihan dan kekurangan, sama seperti Smart TV.

Kelebihan

Android TV bisa digunakan di semua jenis TV karena merupakan sistem operasi. Anda dapat mengubah televisi lama Anda menjadi TV pintar tanpa harus membeli yang baru.

biaya rendah

Harga Android TV jauh lebih murah di bandingkan dengan Smart TV yang kisaran harganya mulai dari Rp. 2 juta menjadi Rp. 12 juta.

Saat ini Anda bisa mendapatkan Android TV dengan fitur-fitur bagus seharga Rp. 2 juta.

Banyak Aplikasi

Meskipun harga TV Android seringkali lebih rendah, Anda dapat mengunduh aplikasi dalam jumlah tak terbatas untuk perangkat seperti smartphone, tablet, dan jam tangan pintar.

Penjelasannya, aplikasi yang di inginkan tersedia di Google Play atau Play Store untuk Android TV.

Anda juga dapat menggunakan kemampuan Input dan Kontrol Suara Google di Android TV untuk mengambil instruksi suara.

Google Cast adalah alat lain yang memungkinkan pengguna menautkan Android Smart TV ke aplikasi seluler atau tablet.

Kekurangan

Anda masih memerlukan televisi yang kompatibel dengan Android TV karena Android TV adalah sistem operasinya.

Persyaratan untuk menambahkan kotak kedua untuk menggunakan sistem di televisi masih menghadirkan tantangan lain.

Secara alami, ini memerlukan penggunaan dua remote untuk mengontrol TV Android dan televisi.

Anda dapat memilih jenis TV pintar yang Anda inginkan dengan membandingkan kedua jenis televisi tersebut.

Anda bisa mendapatkan Smart TV jika Anda memiliki cukup uang. Namun perlu di ingat bahwa Smart TV berbasis Android adalah pilihan jika Anda menginginkan yang berkualitas tinggi.***

0 Komentar