Seharga Bakso! Segini Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut Bandung, Murahhh!

Seharga Bakso! Segini Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut Bandung, Murahhh!
foto : (citarumharum jabarprov) medcom.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Yuk intip berapa harga tiket masuk wisata Sanghyang Heuleut Jawa Barat ini, simak terus sampai habis ya?

Salah satu perjalanan yang banyak di minati wisatawan adalah ke danau tua di Bandung bernama Sanghyang Heuleut. Konon para bidadari mandi di telaga ini.

Sanghyang Heuleut memiliki konotasi yang sangat khusus dalam bahasa Sunda. Sanghyang berarti sesuatu yang dipuja, sedangkan Heuleut berarti istirahat atau batas waktu.

Baca Juga:Ini Dia! 3 Penginapan Murah Dekat Taman Rakyat Slawi TegalBingung Mau Glamping Dimana dengan Budget Pas-pasan? Ini Dia Tempat Glamping Ciwidey yang Murah!

Danau ini konon terbentuk oleh Gunung Sunda, letusan gunung berapi yang telah punah. Tebing batu tercipta akibat letusan gunung berapi yang dipicu oleh air dari Sungai Citarum.

Mandi, berenang, atau sekadar menikmati pemandangan adalah aktivitas yang bisa Anda nikmati di danau ini. Gua Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek adalah dua gua yang tidak biasa yang terletak di sekitar danau ini.

DAYA TARIK

Sebuah sungai dengan air kehijauan dan bebatuan asing yang besar di sebut Sanghyang Heuleut. Destinasi liburan akhir pekan bagi para traveller yang fokus pada alam sudah sering di lakukan.

Sanghyang yang berarti Bidadari, dan Heuleut yang berarti dua kali adalah nama khas tempat wisata ini yang berasal dari bahasa Sunda.

Ada legenda yang menyatakan bahwa bidadari dari surga mandi dan membasuh diri di sungai ini.

Beberapa mengklaim bahwa itu berfungsi sebagai lokasi para dewa untuk menyucikan diri. Istilah Sanghyang Heuleut kemudian tercipta dari hasil dongeng tersebut. Lokasi ini karenanya merupakan tempat pertemuan langit dan bumi.

Sungai di anggap suci karena kepercayaan yang di anut oleh penduduk setempat. Namun di luar mitos tersebut, terungkap juga masa lalu Sanghyang Heulet yang menunjukkan bahwa dulunya sungai ini adalah sebuah danau tua.

Baca Juga:Ngalam Bangett! Ini Dia, 3 Wisata Alam di Cibinong Bogor yang Terpopuler!Tak Hanya untuk Perawatan Kulit Berjerawat! Ini, 7 Manfaat Kopi Hitam untuk Wajah! Bisa untuk Mencegah Kanker Kulit!

FASILITAS & SPOT WISATA

Fasilitas yang tersedia di Sanghyang Heuleut yang menjadi obyek wisata alam di Bandung sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Tangga
  • Jembatan kayu
  • Tempat ibadah
  • Kamar mandi
  • Warung kecil yang menyediakan makanan
  • Persewaan pelampung
  • Pemandu wisata

Terdapat beberapa spot yang menarik wisatawan :

Sanghyang Poek

Gua tua dengan bentuk seperti celah dan tebing tinggi di kedua sisinya di sebut Sanghyang Poek. Gua ini semakin mempesona dengan bebatuan stalagmit dan stalaktit yang menghiasi sekelilingnya.

Sanghyang Tikoro

Selain Sanghyang Poek, ada juga Gua Sanghyang Tikoro yang tak kalah menarik dan tidak biasa. Gua bawah tanah yang di kenal dengan nama Sanghyang Tikoro ini sendiri kerap dikaitkan dengan kejadian penyusutan sebuah danau tua.

PLTA Saguling

PLTA Saguling awalnya di gunakan secara eksklusif untuk menghasilkan listrik, namun saat ini di gunakan untuk beberapa fungsi tambahan. Anda bisa melihat perbukitan dan Waduk Saguling dari PLTA ini.

Bebatuan & Air Sanghyang Heuleut

Ada beberapa bongkahan geologis yang sangat menarik menghiasi danau ini. Airnya bisa berenang dan mencapai kedalaman tiga meter.

Harga Tiket, Jam Buka dan Lokasi

Harga tiket masuk ke danau ini adalah Rp 20.000 per orang. Biaya parkirnya Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Jika ingin menyewa pelampung Anda harus membayar Rp 20.000. Sedangkan untuk pemandu wisata Anda harus menyewanya sebesar Rp 50.000.

Jam buka : Senin sampai Jumat pada pukul 08.00 hingga 16.00. Sedangkan pada hari Sabtu pukul 08.00 sampai 17.00 dan hari Minggu pukul 07.00 hingga 17.00.

Alamat : Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554.

Demikian, informasi mengenai tempat wisata Sanghyang Heuleut dan harga tiket masuk.***

0 Komentar