JANGAN BERLEBIHAN! Ternyata Segini Takaran Membuat Kopi Hitam yang Benar Sesuai Aturan!

Takaran Kopi/Kopi Nikmat
Takaran Kopi/Kopi Nikmat
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kopi hitam memang kebanyakan menjadi minuman favorit laki-laki baik anak muda maupun orang tua.

Meminum kopi hitam akan menimbulkan sensasinya tersendiri, apalagi bila sebelum meminumnya, kamu mencium dulu aromanya.

Biasanya dengan cara seperti itu, maka akan terasa lebih nikmat saat mencicipinya, terutama saat kopi tersebut masih hangat.

Baca Juga:BENERAN KAYA UNREAL!! 5 Tempat Glamping Ciwidey Penginapan yang Akan Menghanyutkan Suasana Liburanmu yang Galau Jadi CeriaWeekend Mau Jalan-jalan Sama Ayang? Pakai Vespa Sprint Aja Gan! Desainnya yang Kekinian Bikin Kamu Tambah di Sayang

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata selama ini ada takaran membuat kopi hitam yang benar sesuat aturan?

Secara umum, rasio yang sering di gunakan adalah 1:17. Artinya, kamu perlu menuangkan 17 gram air hangat untuk setiap gram kopi hitam yang kamu gunakan. 

Rasio takaran membuat kopi hitam ini di percaya mampu membantu proses ekstraksi yang ideal pada kopi tersebut.

Takaran Membuat Kopi Hitam

Idealnya perbandingan 1:20 (1 bagian kopi dengan 20 bagian air atau 7,5 gr kopi hingga 150 ml air) menghasilkan secangkir kopi yang kuat.

Menurut Marks, untuk membuat 6 ons kopi seduh, di butuhkan sebanyak 11,25 gram kopi bubuk (setara dengan 2 sendok makan) dengan air sebanyak 3/4 dari ukuran cangkir biasa.

Untuk takaran kopi hitam memakai gula yaitu satu sendok kopi, biasanya di butuhkan 1,5 sendok gula untuk mengurangi rasa pahitnya.

The golden ratio atau rasio kopi dan air yang pas untuk menghasilkan hasil seduhan yang sempurna telah di kembangkan atau di teliti oleh SCAA.

Baca Juga:MENGGODA JIWA!! Ini Dia Tampilan Nokia Flip New yang Buat Kamu Kebayang-bayang, Cek Harga dan Spesifikasinya di SiniMau Main Air Seru Bareng Keluarga Tercinta? Nih 4 Rekomendasi Kolam Renang Karanganyar yang Mantul Abiieezz, Seger Poll Pokoknya!

Menemukan bahwa golden ratio pada kopi adalah 1:18, yaitu menyeduh 18 gram air untuk setiap 1 gram kopi.

Jika ingin membuatnya, Anda cukup mencampurkan satu atau dua sendok makan kopi bubuk dengan 177 ml air (6 ons air).

Pilihan untuk menyeduh satu atau dua sendok makan kopi bubuk tergantung pada seberapa ‘kuat’ rasa kopi yang di inginkan.

Untuk mendapatkan aroma kopi yang lebih fresh, biji kopi matang sebaiknya di giling pada saat anda akan menyeduh.

Selanjutnya masukan bubuk kopi kedalam cangkir. Takaran yang ideal dalam kopi tubruk adalah 12 gram kopi (sekitar dua sendok teh) untuk setiap 200 ml air.

0 Komentar