Zaman Semakin Canggih, Yuk Beralih Pada TV Digital! Kenali Ciri-cirinya dan Cara Tangkap Siaran Digital Terbaru

TV Digital/Kompasiana.com
TV Digital/Kompasiana.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Semakin berkembang zaman, maka akan semakin canggih juga segala produk elektronik keluaran terbarunya.

Salah satu produk elektronik tersebut yaitu Televisi. Yups, akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan Smart TV yang di jual.

Namun, apakah perbedanya dari kedua jenis televisi tersebut? Apakah kamu juga belum mengetahuinya gengs?

Baca Juga:Ingin HP Murah, Canggih dan Sudah di Dukung 5G? Beli Handphone Oppo A55 Aja Gan! Harga 2 Jutaan, Kualitas JempolanAjak Ortumu Jalan-jalan Pakai Mobil City Car Murah Irit Ini, Nih 7 Rekomendasinya Dengan Body Semakin Sporty dan Stylish

TV Digital adalah siaran televisi yang sudah memanfaatkan sinyal digital yang juga dengan sistem kompresi.

Perlu di ketahui, dari segi kualitas gambar, TV digital lebih baik di bandingkan dengan siaran yang ada di TV analog.

Dalam konteks TV digital, ketika memakai set top box tetap memerlukan antena UHF (Ultra High Frequency) yang biasa untuk menangkap sinyal digital.

Siaran tv analog di rancang untuk suara dan gambar saja, sementara siaran tv digital di rancang untuk suara, gambar, dan data.

Yuk dari pada penasaran, kita cek saja ciri-ciri dan cara tangkap siaran digital terbaru pada ulasan yang ada di bawah ini.

Ciri-cirinya dan Cara Tangkap Siaran Digital

Berikut ciri-cirinya terlebih dahulu

1. Bukan TV Tabung

Fitur pertama adalah bukan televisi tabung. Tentu saja, semua televisi tabung adalah televisi analog. Oleh karena itu, untuk menikmati siaran TV digital, Anda harus di lengkapi dengan set-top box tambahan.  

2. TV Layar Datar Belum Tentu TV Digital

Fitur lain: detics perlu mengonfirmasi TV Anda lagi. Bahkan jika formatnya datar, mis. LCD/LED, bukan berarti siaran TV digital bisa di terima dengannya. Biasanya, TV yang sudah mendukung siaran digital memiliki fungsi pencarian siaran digital. Ini dapat di kenali dari fungsi “Tune-in”, yang menawarkan kemungkinan untuk mencari siaran televisi analog (ATV) atau siaran televisi digital (DTV).

Baca Juga:Mau Hasil Foto Bagus Gak Mesti Pake iPhone, Nih 5 Kamera Digital Terbaik Dengan Harga di Bawah 1 Jutaan! Fitur Keren.. Gaya DapetKamu Mau Beliin Mama Mertua TV Baru? Nih 3 Rekomendasi Mekr TV Pintar Terbaik 2023 yang Buat Hati Mertua Senang

Fungsi pencarian saluran menggunakan fungsi ATV, gambar yang di terima tidak jelas, yang biasa kita sebut kesemutan. Namun, pencarian dengan fungsi DTV langsung memberikan gambaran yang jelas. Pencarian siaran digital menggunakan fungsi DTV dapat di lakukan secara otomatis atau manual. Untuk TV LCD atau LED yang tidak mendukung transmisi digital, Anda dapat menggunakan adaptor digital tambahan.  

3. Mendukung DVB-T2

Fitur ketiga adalah tidak semua TV dengan fungsi pencarian siaran digital mendukung siaran digital di Indonesia. Hal ini karena siaran televisi digital Indonesia menggunakan standar DVB-T2. DVB-T2 adalah perangkat untuk menerima siaran digital. Anda biasanya dapat menemukan informasi ini di bagian “Checkout”. Tanyakan penjual apakah TV mendukung DVB-T2.  

Cara Tangkap Siaran TV Digital:

  1. Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital.
  2. Gunakan antena UHF biasa yang bisa di pasang di outdoor maupun indoor. Posisikan antena menyesuaikan ketinggian dan arah ke lokasi pemancar multipleksing.
  3. Pastikan TV kalian sudah mendukung DVB-T2.
  4. Pastikan pula kabel antena dan TV tersambung dengan baik.
  5. Pilih menu pengaturan/setting untuk pencarian sinyal TV digital dengan menggunakan mode ATV, bukan DTV.
  6. Pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.
0 Komentar