Masih Bingung Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box Udah Gak Jaman, Yuk Simak Berikut Ini Auto Paham!

Masih Bingung Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box Udah Gak Jaman, Yuk Simak Berikut Ini Auto Paham!
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box, sementara Android TV Box adalah perangkat yang di gunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi TV pintar, set top box (STB) digital ialah alat untuk mengonversi sinyal menjadi gambar dan suara agar dapat di tampilkan pada analog. Di Indonesia, STB menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.

Merupakan dua perangkat yang di gunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi dengan kemampuan untuk mengakses konten digital dan aplikasi. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang serupa, ada perbedaan penting antara keduanya.

Berikut Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box

Fungsi Utama: Set Top Box (STB) di rancang khusus untuk menerima dan menyiarkan sinyal televisi dari penyedia layanan kabel, satelit, atau IPTV.

Baca Juga:Karakteristik Mobil Smart MHD Yang Bikin Kamu Tercengang!Yuk Kenalan Dengan Interior Smart Fortwo, Yakin Persis Dengan Mobil Biasa?? Yuk Kepoin!

Fungsi utama STB adalah menyediakan akses ke saluran televisi dan fitur terkait seperti merekam, menunda siaran langsung, atau on-demand.

Di sisi lain, Android TV Box adalah perangkat yang berbasis sistem operasi Android dan memberikan akses ke aplikasi dan konten digital melalui koneksi internet.

Dengan Android TV Box, pengguna dapat menginstal aplikasi, menonton video streaming, menjelajahi internet, bermain game, dan banyak lagi.

Sistem Operasi, STB biasanya di lengkapi dengan sistem operasi yang di rancang khusus untuk mengoperasikan fungsi televisi dan mengakses konten dari penyedia layanan.

Ini termasuk sistem operasi seperti proprietary atau khusus yang di kembangkan oleh penyedia layanan atau standar seperti OpenCable. Sementara itu, Android TV Box menggunakan sistem operasi Android yang di kenal luas dan telah di adaptasi untuk perangkat TV. Dengan Android TV Box, pengguna dapat mengakses Google Play Store dan menginstal berbagai aplikasi Android yang kompatibel.

Akses ke Konten dan Aplikasi STB umumnya menyediakan akses ke saluran televisi tradisional yang di tawarkan oleh penyedia layanan. Konten yang tersedia tergantung pada paket langganan yang di pilih oleh pengguna.

Android TV Box, di sisi lain, memberikan akses ke berbagai aplikasi dan konten digital melalui koneksi internet. Pengguna dapat menginstal aplikasi streaming video seperti Netflix, YouTube, atau Hulu, menjelajahi internet,

Baca Juga:Nggak Usah Takut Boros Bawa Rombongan Berlibur! Wisata Ke Ciwidey Bandung Bisa Jadi Solusinya!Perjalanan Di Kota Harus Gesit Dan Anti Lelet! Nah, Cocok Banget Nih Jenis Mobil Matic Buat Kamu Yang Anti Ribet!

memainkan game, dan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Fleksibilitas dan Kustomisasi, Android TV Box memiliki fleksibilitas yang lebih besar di bandingkan dengan STB karena menggunakan sistem operasi Android.

Pengguna dapat menginstal aplikasi dan kustomisasi perangkat sesuai dengan preferensi mereka. Android TV Box juga mendukung streaming media melalui protokol seperti Chromecast,

sehingga memungkinkan pengguna untuk menayangkan konten dari perangkat lain ke TV mereka.

Di sisi lain, STB umumnya memiliki keterbatasan dalam hal fleksibilitas dan kustomisasi, karena mereka dirancang untuk tujuan yang lebih khusus.

Perbedaan ini mencerminkan perbedaan fungsi dan tujuan masing-masing perangkat. Pemilihan antara Set Top Box dan Android TV Box tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan akses konten, dan tujuan penggunaan.

0 Komentar