Mudah dan Murah, Ini Dia Cara Tanam dengan Hidroponik di Rumah

Mudah dan Murah, Ini Dia Cara Tanam dengan Hidroponik di Rumah
Tanam Hidroponik (gardeningheavn.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mau punya tanaman sayuran dan buah di rumah? Bisa kok, coba saja tanam dengan menggunakan metode hidroponik.

Menanam memang dapat menjadi salah satu bentuk penyalur hobi ataupun sebagai bentuk healing yang bisa di lakukan di rumah.

Termasuk hidroponik, yang bisa di lakukan di rumah bahkan dalam lahan yang sempit sekalipun.

Baca Juga:Jual Uang Kuno, Termasuk Uang 100 Rupiah Tahun 1992 Bisa Beli Mobil Kecil, Apa Iya?Apakah Android TV Box Harus Pakai Internet? Cari Tahu di Sini Yuk!

Menanam dengan Cara Hidroponik

Hidroponik mempunyai pengertian bertanam dengan menggunakan media air tanpa membutuhkan lahan yang luas. Jadi, untuk di pekarangan rumah yang tidak luas pun, hidroponik bisa di lakukan.

Namun tetap perhatikan juga aspek yang di butuhkan bagi tanaman agar dapat tumbuh dengan baik seperti nutrisi, pengendalian hama dan pencahayaan. Bahan yang di gunakan pun alami dan tidak menggunakan pestisida sehingga tanaman yang di hasilkan pun sifatnya organik.

Ada beberapa tanaman yang bisa di tanam dengan metode hidroponik. Contohnya yaitu selada, tomat, kangkung, seledri, anggur, stroberi dan masih banyak lagi. Caranya pun mudah, berikut rangkaian caranya.

Melansir dari laman dispertan.bantenprov.go.id, ada cara menanam hidroponik yang mudah. Siapkan dahulu alat-alat yang di butuhkan seperti botol plastik air mineral bekas, kain untuk sumbu atau bisa menggunakan kain panel, nutrisi hidroponik dan media tanam. Media tanam yang bisa di siapkan bisa berupa rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, ataupun pecahan bata merah.

Setelah alat tersebut di siapkan, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan metode hidroponik Wick.

– Siapkan botol dan potong menjadi 2 bagian pada bagian tengahnya

– Pada bagian atas mulut botol atau bagian leher botol, lubangi agar dapat memasang sumbu

– Masukkan sumbu melalui bagian bawah botol hingga sumbu keluar melewati leher botol

Baca Juga:Buruan, Bawa Pulang 3 HP Murah 4G RAM 3GB Hanya 500 Ribuan!HP Infinix Zero 5G 2023 Bawa RAM Besar dengan Harga Merakyat, Cocok untuk Anak Muda!

– Masukkan botol yang sudah ada sumbu tersebut dengan cara di balik (posisi mulut botol berada di bawah) ke dalam botol yang satunya

– Lalu masukkan media tanam yang bisa berupa rockwool, spon, sekam bakar ataupun pecahan bata merah

– Beri tanam bibit ke dalam media tanam yang sudah di masukkan tersebut

– Jangan lupa untuk menyiramkan larutan nutrisi hidroponik pada bagian bawahnya

– Taruh pada tempat yang tidak terkena hujan namun masih mendapatkan sinar matahari yang cukup

Itulah cara melakukan tanam dengan metode hidroponik di rumah. Mudah, bukan? Selamat mempraktekan.

0 Komentar