5 Media Tanaman Hidroponik Yang membuat Segar dan Subur!

manfaat hidroponik / sumber: rupah rupa
manfaat hidroponik / sumber: rupah rupa
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-5 Media Tanaman Hidroponik Yang membuat Segar dan Subur! Kamu suka bercocok tanam dan ingin mulai mencoba sistem hidroponik?

Bila ya, maka hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah media tanam hidroponik yang bagus untuk tanaman.

Biasanya, sistem hidroponik di gunakan untuk menanam sayuran dengan lahan terbatas dan lebih praktis.

Baca Juga:Keterlaluan Murah! Intip Spesifikasi LG Android TV 43 Inch Di Sini!!!Viral Lagi! Segini Harga Uang Kuno 1 Rupiah Tahun 1968 Sekarang!

Karena tidak menggunakan tanah, untuk itulah kita perlu memakai media tanam yang berkualitas. 

Berikut ini beberapa media tanaman hidroponik yang bisa kamu gunakan

Kapas

Media tanam hidroponik pertama yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu adalah kapas.

Biasanya, kapas di gunakan untuk membantu proses penyemaian benih sebelum kamu memindahkannya ke media tanam tanah.

Pada sistem hidroponik, kapas dapat memberikan nutrisi yang sangat tinggi bagi tumbuhan kamu. Hal ini di karenakan kemampuan kapas yang sangat baik dalam menyerap air. 

Tidak heran bila banyak petani hidroponik yang menggunakan media tanam kapas ini. Apalagi, kapas cukup mudah di temukan di mana saja. 

Kamu suka bercocok tanam dan ingin mulai mencoba sistem hidroponik? Bila ya, maka hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah media tanam hidroponik yang bagus untuk tanaman.

Biasanya, sistem hidroponik digunakan untuk menanam sayuran dengan lahan terbatas dan lebih praktis. Karena tidak menggunakan tanah, untuk itulah kita perlu memakai media tanam yang berkualitas. 

Baca Juga:Terupdate! Daftar HP Murah 4g Di Bawah 1 Juta Ram 2gb 2023!!Tidak Usah Khawatir Akan Mahal, Karena Harga Mobil Kecil Murah Indonesia Sudah Banyak! Apa Saja?

Arang sekam

Kamu juga dapat menggunakan arang sekam sebagai media tanam hidroponik. Arang sekam memiliki banyak sekali kelebihan, seperti bahan pembuatannya mudah di dapat, harga terjangkau, ramah lingkungan, dan kemampuan mengikat airnya sangat tinggi.

Rockwool

Media tanam hidroponik selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah rockwool.  Sesuai dengan namanya, rockwool merupakan mineral fiber atau wool dari batuan (batu bara, kapur, dan basalt), ataupun kaca.

Hydroton

Mungkin nama ini cukup asing bagi kamu, bukan? Hydroton adalah pelet tanah liat yang juga sering di gunakan untuk media tanam hidroponik. Kelebihan dari Hydroton adalah dapat melepaskan nutrisi ke aliran air dengan Ph netral. 

Selain itu, media tanam ini juga berbentuk bulat sehingga mampu menjaga keseimbangan air, serta oksigen pada tanaman. Dengan demikian, tanaman tidak akan terlalu basah atau kering.

Namun, kekurangan yang di miliki oleh hydroton hanya satu, yaitu bobotnya cukup berat. Jadi, kamu harus memperhatikan saat memakai media tanam ini.

Perlite

Perlite adalah kaca vulkanis dengan kandungan air yang cukup banyak. Media tanam ini terbuat dari hidrasi batuan obsidian dengan tingkat retensi oksigen terbaik daripada media tanam lainnya. 

0 Komentar