TPS Liar Makin Banyak Bermunculan

0 Komentar

Kesadaran masyarakat soal penanganan sampah dinilai sangat kurang. Pasalnya dari satu sampah yang dibuang oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab memicu masyarakat lain untuk membuang sampah di tempat yang sama hingga menimbulkan TPS liar.

Penanganan sampah di Kabupaten Cirebon sudah dilakukan secara massif. Namun, justru kesadaran masyarakat soal penanganan sampah dirasa sangat kurang.

Upaya penanganan sampah pun dilakukan oleh beberapa elemen masyarakat, seperti Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) yang melakukan gerebek sampah ke beberapa TPS liar bersama DLH dan ormas.

Baca Juga:Harga Telur Dan Daging Ayam Kembali NaikPolri Peduli Lingkungan

Keberadaan sampah liar dinilai sangat mengganggu lingkungan masyarakat khususnya di bahu jalan. Ketua LPBI NU, Siti Qoriah menyebut, karena kurangnya kesadaran masyarakat, saat ada sampah yang dibuang sembarang di satu titik, dipastikan akan ada sampah sampah lainnya yang dibuang masyarakat. Sehingga pihaknya berusaha melakukan sweeping di bahu bahu jalan.

Sementara, selama ini DLH sudah berusaha melakukan penanganan sampah baik dengan pemerintah di tingkat kecamatan dan desa, serta melibatkan sejumlah organisasi untuk bersama-sama melakukan penanganan sampah.

0 Komentar