Uji Terampil Gladi Tugas Tempur

0 Komentar

Pelaksanaan uji terampil Gladi Tugas Tempur, Glagaspur, diadakan di dua tempat, Selasa pagi, di lapangan tembak Arhanud dan Pelabuhan Kota Cirebon. Lanal Cirebon menggelar sejumlah kegiatan uji kompetensi. Menembak, berenang dan uji praktek dalam pembebasan sandera diatas kapal yang sedang berlayar.

Pelaksanaan uji terampil Gladi Tugas Tempur, Glagaspur, diadakan di dua tempat, di lapangan tembak Arhanud 14, PWY Jalan Pilang, Kota Cirebon dan di Dermaga Pabean Pelabuhan Cirebon, Selasa pagi.

Lanal Cirebon menggelar sejumlah kegiatan uji kompetensi, menembak, berenang dan terakhir, tim Fleet One Quick Response (F1QR) diuji praktek dalam pembebasan sandera diatas kapal yang sedang berlayar.

Baca Juga:Pelatihan Kemampuan Kehumasan Di Polresta CirebonRidwan Kamil Resmikan Apartemen Transit, Biaya Sewa Hanya Rp 250 Per Bulan

Dalam ujian tersebut diskenariokan, sekelompok perompak berjumlah empat orang menggunakan perahu membajak sebuah kapal tugboat bernama capitol di perairan laut Cirebon menuju Pelabuhan Cirebon.

Lanal Cirebon yang menerima laporan adanya pembajakan kapal langsung mengirim tim F1QR menggunakan kapal Patkamla Eretan dan Patkamla Bondet menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Selanjutnya, para perompak dibawa ke Dermaga Patkamla Lanal Cirebon dan diserahkan ke petugas Denpomal Lanal Cirebon untuk diperiksa. Setelah dilakukan pemeriksaan, para perompak diserahkan ke pihak kepolisian untuk diproses hukum lebih lanjut.

Ketua tim penilai, Kolonel Marinir Idha Muhammad Basri menyebutkan, penilaian lanal teladan 2023 bukan hanya menilai kemampuan militer saja.

Penilaian lanal teladan tahun 2023 ini merupakan salah satu kegiatan pengawasan dan pemeriksaan dari pusat yakni mabes TNI AL.

Untuk penilaian lanal teladan 2023 ini mencakup 4 kegiatan, yang pertama bidang operasi dan latihan, penilaian di bidang pembinaan personil bidang material dan logistik serta terakhir bidang kerapian serta kebersihan.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut Pelaut Ridwansyah menjelaskan, seluruh kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dalam rangka penilaian lanal teladan se-Indonesia.

Baca Juga:Digitalisasi Pajak Jabar Berhasil Tingkatkan Pendapatan DaerahWisata Gratis Irigasi Induk Gegesik Jadi Peluang Usaha

Latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan dan profesionalisme kemampuan personel Lanal Cirebon baik perwira, bintara, tamtama maupun pegawai negeri sipil, dalam menanggulangi dan menghadapi segala bentuk persoalan baik sifatnya ancaman militer maupun non militer.

0 Komentar