Sebelum Membeli Set Top Box, Cek Dulu Apakah Termasuk Daftar Penerima Bantuan atau Tidak, Begini Caranya

Sebelum Membeli Set Top Box, Cek Dulu Apakah Termasuk Daftar Penerima Bantuan atau Tidak, Begini Caranya
Cek Bantuan Set Top Box (Tangkap Layar Kominfo/ Jabar Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Simak cara cek bantuan penerima Set Top Box di sini.

Sejak siaran analog mulai di hentikan, pemerintah memberikan alat berupa Set Top Box atau biasa di singkat dengan STB.

Alat tersebut di peroleh secara gratis dari pemerintah. Namun hanya beberapa orang saja yang dapat menerimanya yang sesuai dengan kriteria.

Baca Juga:Cocok untuk Investasi Awal Usahamu! Mobil Pick Up Bekas Harga di Bawah 50 JutaLiburan Mau Kemana? Yuk Cobain Glamour Camping atau Glamping di Bedugul Bali

Namun, apakah kamu sudah mengetahui, apa itu STB? Jika belum, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu STB?

STB atau kepanjangan dari SeT Top Box merupakan alat yang di gunakan untuk menangkap siaran digital. Cara kerjanya yaitu dengan mengkonversi sinyal digital menjadi bentuk gambar juga suara yang di tampilkan pada layar TV.

Perangkat ini pun kini sudah tidak asing lagi lantaran siaran analog yang sudah mulai di tiadakan. Bahkan bisa di dapatkan dengan mudah di toko online dengan harga dan merek yang beragam. Pemerintah juga menyediakan bantuan Set Top Box yang bisa di cek oleh setiap masyarakat.

STB juga mempunyai sebutan lain. Contohnya dekoder, receiver dan converter. Jika saat ini sedang mencari STB, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar mendapatkan barang yang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Apa Saja yang Perlu di Perhatikan dalam Membeli STB?

Dalam membeli STB, tentunya hal yang biasanya di pertimbangkan adalah harganya. Namun ada hal lain juga yang mungkin belum di ketahui, saat sedang membeli STB. Berikut selengkapnya.

1. Cari STB yang telah bersertifikat Kominfo

Hal ini salah satu yang penting untuk di ketahui, jika sedang berencana untuk membeli STB. Sebab, untuk alat yang telah bersertifikat Kominfo, telah mendapat jaminan bahwa alat tersebut bisa di gunakan dan mampu menyiarkan siaran digital.

2. Cari yang bertanda khusus

Kemudian, cari juga yang memiliki tanda khusus seperti tulisan DVB-T2 atau tulisan Siap Digital. Selain itu bisa juga di lihat dari adanya gambar MODI.

Baca Juga:Mau Gak? HP Vivo dengan RAM Besar dan Chipset Snapdragon, Harga Murah di KantongMengguncang Pasaran Mobil Bekas, Harga Suzuki Ertiga Second Kisaran 100 Jutaan

3. Cari tahu mengenai review produk yang ingin dibeli

Jika sudah mulai menentukan produk mana yang ingin di beli setelah menyesuaikan dengan dana dan kebutuhan, jangan lupa untuk mencari informasinya. Misalnya mengenai fitur, spesifikasi, kelebihan hingga kekurangan dari alat yang ingin di beli.

Cara Cek Bantuan Set Top Box

Seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa ada yang bisa mendapatkan bantuan STB dari pemerintah. Untuk bantuan tersebut, bisa di dapatkan hanya untuk beberapa kalangan yang memenuhi persyaratan.

Pertama, penerima bantuan mempunyai pesawat TV analog. Kedua, menikmati siaran TV melalui terestrial dan ketiga, lokasi rumah tangga berada dalam cakupan wilayah yang melayani siaran TV digital.

Untuk mengetahui apakah termasuk yang menerima bantuan, maka dapat mengunjungi link https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/. Kemudian masukkan NIK beserta kode Captcha. Lalu, klik tombol Pencarian.

0 Komentar