Ini Dia Ciri-ciri Android TV, Jangan Sampai Salah! Yuk Simak disini..

Ini Dia Ciri-ciri Android TV, Jangan Sampai Salah! Yuk Simak disini..
ciri-ciri android tv/foto:https://www.bhinneka.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Pengguna perlu tahu perbedaan smart TV dan Android TV sebelum memutuskan membeli salah satunya. Sebab, kedua jenis TV ini sejatinya berbeda.

Sekilas, smart TV dan Android TV kerap di anggap sama karena keduanya menggunakan koneksi internet dalam pengoperasian sistem untuk dapat menghadirkan tontonan bagi penggunanya.

Ada pula yang mengira bahwa Android TV adalah smart TV tetapi menggunakan sistem pengoperasian dari Android. Secara definisi, ini memang tidak salah, namun tetap ada beberapa perbedaan dari keduanya.

Baca Juga:Rekomendasi HP Murah Spek Dewa Dibawah 2 Juta Laku di PasaranIni Daftar Mobil Terbaru Murah 2021, Yuk Ngintip Disini..

Ciri-ciri Android TV

Set top box TV digital ialah alat untuk mengonversi sinyal menjadi gambar dan suara agar dapat di tampilkan pada TV analog. Jenis set top box sendiri ada beberapa yakni DVB-T2, DVB-C, DVB-S, dan DVB-IPTV.

Di Indonesia menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.

Sedangkan set top box TV android adalah perangkat yang di gunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi pintar.

Selain fitur DVB-T2, ada beberapa perbedaan antara set top box TV digital dan TV android.

Ciri-ciri set top box TV digital yakni gratis atau tidak ada iuran per bulan, tidak memerlukan internet, karena terhubung dengan Stasiun TV free to air.

Ada fitur Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini serta terhubung dengan antena

Sedangkan ciri-ciri set top box TV android yaitu ada biaya berlangganan, harus terkoneksi dengan internet, tanpa internet, maka tidak ada konten yang bisa di tampilkan. Berbasis sistem operasi (OS) android dan tidak memakai antena.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Smart TV sendiri adalah sebutan untuk TV yang di lengkapi fitur selain untuk menonton siaran atau channel TV biasa. Pada Smart TV, Anda dapat terhubung dengan internet, mengakses netflix, youtube, facebook.

Baca Juga:Daftar Set Top Box Digital Terbaik Bersertifikat KominfoCek Harga Mobil Second Yaris di Indonesia

Terlepas dari apapun sistem operasinya, selama TV tersebut dapat digunakan untuk mengakses konten online, maka TV tersebut di katakan Smart TV. Beberapa jenis sistem operasi misalnya:

  1. Smart TV Samsung menggunakan Tizen OS
  2. LG Smart TV menggunakan WebOS

Namun baik Samsung, LG, hingga merek TV seperti Sony atau Toshiba juga menggunakan Android TV sebagai platform atau sistem operasi pada TV nya. TV yang menggunakan OS Android TV inilah yang di sebut dengan Android TV.

Baik Smart TV ataupun Android TV memungkinkan Anda untuk mengakses konten online serta menggunakan apps yang terdapat pada platform TV tersebut, seperti Youtube, Netflix, Hulu, dll.

Umumnya perbedaannya hanya pada tampilan antarmuka antara Android TV maupun Smart TV dengan OS lain. Selain itu TV dengan OS Android juga menawarkan apps yang lebih banyak serta update firmware yang lebih rutin di bandingkan dengan TV dengan OS tertentu seperti Tizen atau WebOS.

Dengan ini tidak perlu bingung lagi akan perbedaan dari Smart TV dan Android TV.

0 Komentar