Ritual Ruwat Bumi Ratusan Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi

0 Komentar

Memeriahkan ritual ruwat bumi ratusan warga di wisata Guci Kabupaten Tegal, berebut gunungan hasil bumi. Ritual ruwat bumi merupakan wujud rasa syukur kepada sang khaliki agar diberikan limpahan berkah.

Ritual ruwat bumi diawali dengan arak-arakan gunungan hasil bumi dan sayur mayur di sekitar wisata Guci Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Upacara adat lalu dilanjutkan dengan memandikan kambing kendit oleh Forkopimda setempat.

Usai diarak, gunungan hasil bumi, buah-buahan dan sayur mayur, para petani dan pelaku wisata di kawasan wisata Guci langsung diserbu ratusan warga. Warga pun saling berebut hingga berdesakan demi mendapatkan hasil bumi dan sayur mayur.

Baca Juga:Panji Gumilang Mangkir Dari Panggilan BareskrimTradisi Pesta Laut Citemu

Sejumlah warga mengatakan, ritual ruwat bumi di awal bulan Muharam merupakan tradisi turun menurun setiap tahun. Dengam ikut berebut hasil bumi, mereka meyakini aka mendapat keberkahan dari Sang Khalik.

Ritual ruwat bumi dengan memandikan kambing kendit berbulu hitam dengan lingkar putih dibadan bertujuan untuk melestarikan sumber air panas alami pancuran tiga belas guci. Ritual ini juga untuk menolak bala, agat terhindar dari segala bencana.

Tradisi ruwat bumi merupakan even wisata tahunan yang menjadi hiburan tersendiri bagi warga khususnya di kawasan wisata Guci yakni Desa Guci Kecamatan Bumijawa dan warga Desa Rembul Kecamatan Bojong

0 Komentar