Set top box luby tidak ada sinyal? Jangan Khawatir! Begini cara menangani!

Apakah set top box bisa untuk youtube
Apakah set top box bisa untuk youtube
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Set top box luby tidak ada sinyal? Jangan Khawatir! Begini cara menangani! Ketika STB anda kehilangan sinyal, jangan panik karena ada beberapa cara yang cukup mudah untuk dilkaukan sendiri.

Analog Switch Off (ASO) atau sunti mati siaran TV analog kini makin meluas.

Kementrian komunikasi dan informatika menyatakan bahwa siaran TV analog sudah di matikan total pada wilayah bandung, Yogyakarta, Solo, dan Batam

Baca Juga:Suzuki mobil terbaru 2018, Apa Saja Jenisnya?Rekomendasi mobil suv termurah! di jamin bandel! Tahan jalan berlubang!

Penonton TV yang area sudah pindah ke digital harus sudah bersiap walaupun siaran TV analog di wilayahnya belum di matikan.

Masyarakat harus mempersiapkan beberapa hal penting untuk bisa menikmati siaran digital tersebut.

Mulai dari perangkat yang bsia menerima siaran digital, peralatan STB bisa di gunakan untuk melengkapi pesawat TV yang belum siap memproses siaran digital.

Sebagai informasi, STB merupakan alat yang di gunakna untuk menangkap siaran televisi digital pada perangkat TV analog.

Masyarakat hanya tinggal memasang pada TV yang ada di rumah untuk menikmati siaran digital.

Cara Memasang STB ke Televisi

  • Pastikan daerah sudah tersedia siaran televisi digital
  • Pastikan memiliki antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan
  • Selain itu juga memastikan TV telah dilengkapi dengan set top box DVBT2 untuk menerima siaran TV digital
  • Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. Berikutnya pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Berikut cara mengatasi set top box luby tidak ada sinyal

Ada beberapa kemungkinan STB tidak mendapatkan sinyal, dari antena hingga setelan kabel.

Jadi saat mendapatkan masalah, cek dulu beberapa komponen tersebut.

Kualitas Antena

Cek lebih dulu kualitas antena. Untuk menangkap siaran digital, STB dan TV memerlukan antena namun lokasi dan ukurannya juga memiliki pengaruh menangkap sinyal.

Baca Juga:Cara menghilangkan iklan youtube di android tv, Bikin kamu tidak terganggu lagi!!Hp murah android 2018, Samsung memang Terbaik!!

Jika Anda berada di area yang di kelilingi gedung tinggi, jangan menggunakan antena berukuran kecil. Alasannya karena antena kecil akan sulit menangkap sinyal yang kuat.

Posisi Antena

Selain itu posisi juga mempengaruhi kemampuan mendapatkan sinyal. Hal ini sangat penting untuk yang berada di wilayah yang penuh dengan bangunan.

Antena bergerak sedikit akan mempengaruhi kualitas sinyal. Antena juga bisa berebut sinyal dengan antena lain, seperti halnya smartphone saat di gunakan di area padat, jadi beri jarak antara antena digital.

Masalah Kabel

Saat STB kehilangan sinyal, Anda juga perlu memperhatikan sabungan kabel antar antena dan STV/TV digital.

Dalam hal ini, sinyal bermasalah kemungkinan karena komponen jack atau colokan rusak akibat kotor atau penyok dan tidak tersambung sempurna.

Setelan STB

Setelan STB juga bisa mempengaruhi kualitas sinyal. Setiap perangkat memiliki setelan yang berbeda, jadi baca lebih dulu panduan manualnya agar memastikan melakukan pengaturan telah tepat.

Jangan lupa juga hanya membeli STB resmi yang telah tersertifikasi dari Kementerian Kominfo.

0 Komentar