Hati-hati Meledak! Begini Cara Mematikan Set Top Box TV Digital yang Benar

Hati-hati Meledak! Begini Cara Mematikan Set Top Box TV Digital yang Benar
Cara Mematikan Set Top Box TV Digital (Diskominfo Cilacap)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi yang sudah memiliki Set Top Box atau STB TV digital, perlu mengetahui cara mematikan perangkat tersebut.

Layaknya dengan barang elektronik lainnya, STB juga dapat berpontensi mengalami kerusakan hingga yang di khawatirkan meledak seperti menghasilkan sebuah letupan kecil.

Mengapa bisa demikian? Konon, ada beberapa faktor yang bisa terjadi. Biasanya bisa berupa instalasi listrik yang kurang baik maupun tegangan listrik yang tidak stabil.

Baca Juga:Waduh! Mobil Terbaru Mitsubishi Motor Bakal Bikin Segmen SUV Gonjang-ganjing, Bersiap Akan Meluncur Sebentar Lagi!Jangan Ngaku Pecinta Otomotif Kalau Belum Tahu Mobil Keluaran Terbaru Mitsubishi dan Nissan, Intip Kehebatannya

Dengan demikian, ada sebuah himbauan agar masyarakat bisa menggunakan STB yang bersertifikat Kominfo. Adapun ciri juga contohnya yang dapat di lihat berikut ini.

Ciri STB Bersertifikat Kominfo dan Contohnya

Setelah beralihnya siaran analog, Kominfo pun menghimbau untuk memakai STB agar dapat menikmati siaran digital. Alat tersebut sudah bisa di dapatkan dengan mudah di penjualan online maupun offline, bahkan sudah banyak juga yang telah mendapat sertifikat Kominfo.

Ciri STB yang telah bersertifikat Kominfo yaitu terdapat logo DVB-T2, terdapat tulisan Siap Digital, dan ada gambar maskot Modi. Untuk contohnya yaitu Polytron PDV 600T2, Tanaka T2, Venus Brio, Goldsat REVO, Matrix Apple, Evinix H-1, Evercoss STB1 dan masih banyak lagi, seperti yang di lansir dari laman Kominfo.

Cara Mematikan Set Top Box TV Digital

Jika sudah memiliki Set Top Box atau STB, maka harus di ketahui juga bagaimana cara mematikannya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Berikut caranya.

Hal pertama yang harus di perhatikan yaitu memastikan agar STB sudah berhenti bekerja seperti sudah tidak di gunakan untuk menonton televisi maupun sedang melakukan pemutaran konten.

Jika sudah di pastikan dalam keadaan demikian, maka tekan tombol daya yang ada pada remote control. Setelah menekan tombol tersebut, matikan juga televisi hingga LCD menjadi strip. Proses STB yang sudah di matikan, bisa di tunggu beberapa saat hingga lampu indikator menjadi padam.

Hal yang seringkali di lupakan yaitu dengan membiarkan kabel daya STB masih tetap tercolok pada stop kontak. Untuk itu, jangan lupa untuk mencabutnya jika sudah tidak ingin di gunakan lagi terutama jika ingin bepergian jauh dan dalam waktu yang lama.

0 Komentar