Kamu Bingung? Bagaimana Cara Mematikan Set Top Box? Begini Caranya !

Kamu Bingung? Bagaimana Cara Mematikan Set Top Box? Begini Caranya !
Sumber: patiupdate
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika kalian sudah memiliki Set top box untuk menonton tv digital apakah perlu untuk di matikan?. Nah, berikut ini ada pertanyaan bagaimana cara mematikan set top box dengan baik dan benar?

Perlu diketahui bahwa STB adalah perangkat yang mendukung penerimaan televisi digital. Yang ini untuk pengguna TV Tabung. Setelah menggunakannya, anjurkan pengguna untuk mematikan perangkat. Jika tidak, motor akan terus berjalan sehingga menimbulkan efek panas berlebih.

Kemudian, Mesin terlalu panas adalah penyebab kerusakan. Risikonya acara TV akan terganggu. Paling buruk, perangkat bisa terbakar atau meledak. Ini hanya satu alasan. Masih ada beberapa alasan mengapa decoder cenderung terlalu panas dan berisiko terbakar. 

Baca Juga:Kaum Mendang-Mending Mana Nih – Berikut Ada Daftar HP Murah Dengan RAM 3 GB Cuma SejutaanPenting Untuk Di Ingat ! Ini Dia Rekomendasi Android TV Box Terbaik Murah

Sadar akan situasinya, Anda harus menjaga daya tahannya. Caranya adalah dengan rajin mematikan set-top box setelah tidak digunakan untuk menonton TV. 

Bagaimana Cara Mematikan Set Top Box?

1. Matikan STB Melalui Remote

Langkah pertama yang harus di ambil adalah mematikan STB. Ini dilakukan sebelum mematikan TV. Metode di mulai dengan menggunakan remote STB default. Di sini cukup tekan Power pada remote STB.Jika demikian, matikan TV Anda. Tunggu layar TV menjadi strip. Dengan cara ini semua mesin akan di nonaktifkan. 

2. Cabut Aliran Listrik Menuju STB

Langkah kedua adalah mencabut kabel yang terhubung ke stopkontak. Fungsinya untuk menghentikan arus yang beredar.

Cara lainnya, cabut juga TV yang di hidupkan. Tujuannya hampir sama. Secara khusus, hindari arus masuk yang dapat merusak perangkat elektronik dengan cepat. 

Keuntungan Mematikan STB

Pengguna mendapatkan sejumlah keuntungan jika mematikan perangkat STB. Ini, tentu saja, patut mendapat perhatian.

Pertama, perangkat dapat mempertahankan daya tahannya. Bayangkan, perangkat bisa terhindar dari masalah overheating. Kita tahu bahwa mesin yang belum di matikan akan tetap bekerja. Bisa di bayangkan jika mesin terus berjalan tanpa henti.

Mesin akan lebih mudah panas. Hal ini menyebabkan beberapa komponen berpotensi terbakar. Akibatnya, kotak tersebut akan gagal sebelum masa pakainya habis. Kedua, menghemat biaya listrik. Ini juga salah satu manfaat yang tidak di ketahui banyak pengguna. 

Baca Juga:Ngenggg… Belikan Mertuamu Mobil Suzuki Baleno – Auto Disanjung Setiap HariSpek Infinix Zero 5G Sangat Buas Rasa Flagship Dengan Harga Terjangkau

Nah itulah info bagaimana cara mematikan set top box dengan benar agar awet.

0 Komentar