Air Bersih Jadi Barang Mahal Di Desa Mundu Pesisir

0 Komentar

Pemerintah Desa Mundu Pesisir mengeluhkan tidak adanya progres penyelesaian krisis air dari pemerintah. Pasalnya, PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon menekan harga untuk pembangunan pipanisasi.

Air bersih menjadi barang yang langka bagi masyarakat di Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Masyarakat di desa ini, setiap tahun mengalami krisis air bersih setiap kemarau, bahkan kendati tidak kemarau masyarakat juga harus membeli air untuk produksi UMKM.

Pemerintah Desa Mundu Pesisir sudah berkomunikasi dengan PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon, untuk melanjutkan pemasangan pipanisasi. Namun, biaya pemasangan pipa yang mencapai 50 juta rupiah lebih per rumah, menjadi beban yang memberatkan masyarakat.

Baca Juga:Warga Cempaka Arum Gelar Jalan Santai Sambut Hari Kemerdekaan Ke-78Mengatasi Tanggul Jebol Penyebab Rob

Imbasnya, UMKM di Desa Mundu Pesisir pun sulit untuk berkembang karena suplai air yang selalu menjadi kendala. Kuwu Desa Mundu Pesisir pun meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon untuk campur tangan, guna mencari solusi dan penyelesaian permasalah air.

Sementara, seperti yang diketahui sebelumnya, Pemerintah Desa Mundu Pesisir sudah mendapatkan rekomendasi dari PDAM Tirtajati Kabupaten Cirebon, agar PDAM Tirta Giri Nata bisa membantu masyarakat agar mendapatkan distribusi air bersih. Namun, biaya pengembangan yang besar membuat masyarakat harus gigit jari.

Air bersih di Desa Mundu Pesisir pun menjadi barang langka dan mahal, karena lemahnya peran serta pemerintah daerah untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat

0 Komentar