SIMAK! Cara Program STB TV Digital, Praktis dan Cepat Nonton Acara Kesayangan

cara program stb tv digital
cara program stb tv digital
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pemerintah sudah pasti mematikan siaran analog dan masyarakat harus segera beralih ke siaran digital. Untuk itu, ketahui cara program stb tv digital sebelum menonton televisi.

Hal ini di perlukan karena sekarang, nonton gabisa hanya sekadar pakai antena atau parabola, perlu yang namanya stb agar menonton lebih nyaman dan nikmat.

Pilihan stb pun sebenarnya makin banyak seiring berjalannya program siaran digital bergulir.

Baca Juga:Harga Set Top Box Ruby / Luby Paling Terjangkau! Cuma Rp.200 RibuanLayak Diacungi Jempol! Spek HP Infinix Hot 20 5G Memang Kencang, Gaming atau Multitasking Oke

Cara Pasang dan Setting Saluran TV Digital di STB

Televisi digital di siarkan menggunakan standar DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation).

Ini berarti menggunakan frekuensi radio VHF/UHF, seperti halnya televisi analog, tetapi dalam format konten digital.

Untuk televisi analog, semakin jauh antena dari stasiun pangkalan TV, semakin lemah sinyalnya. Gambar menyebar semakin buruk dan menjadi lebih menyeramkan.

Tapi tidak dengan TV digital. TV digital memberikan gambar dan suara yang lebih jernih daripada TV analog. Sehingga tidak ada hantu atau semut yang merayap di layar TV.

Inilah perbedaan antara TV analog dan TV digital. TV Digital hanya mengenali dua status sebagai Terima (1) atau Tidak (0).

Selama decoder masih bisa menerima sinyal, siaran akan di terima. Sebaliknya, jika decoder (STB) tidak menerima sinyal, gambar dan suara program TV digital tidak akan muncul.

Kemudian stb sendiri memiliki arti yang di jelaskan di bawah ini.

Decoder TV digital adalah perangkat penerima televisi digital. Decoder TV digital ini adalah elemen kunci dalam transisi dari analog ke televisi digital.

Baca Juga:Kolamnya Banyak! Ini Dia Daya Tarik Cerita Alam Hot Spring PangalenganDaftar Mobil Bekas di Bawah 100 Juta, Isuzu Panther Paling Favorit Pilihan Keluarga!

Kemudian, decoder juga bisa di sebut penerima atau decoder TV digital. Secara umum, dekoder TV digital adalah perangkat komputasi yang tugas utamanya adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Pengoperasian dekoder televisi digital adalah memproses input siaran digital (sinyal yang di terima oleh antena UHF) dan kemudian mengeluarkannya sebagai gambar dan suara ke televisi analog.

Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah memasang set-top box di TV analog Anda, Anda dapat menikmati acara TV digital.

Set-top box TV digital juga mampu memberikan fungsionalitas tambahan, seperti informasi bencana.

Siaran juga bisa di sesuaikan dengan usia penonton, sehingga orang tua bisa mengontrol apa saja yang boleh di tonton anaknya. Decoder bervariasi tergantung pada jenis siaran TV.

Ada STB DVB-C (kabel), DVB-S (satelit), DVB-IPTV (TV Protokol Internet). Untuk televisi digital gunakan STB DVB-T2.

Berikut langkah-langkah memasang STB di TV analog untuk menikmati siaran digital;

  • Siapkan TV, STB, remote TV
  • Sambungkan kabel antena ke STB
  • Sambungkan kabel RCA (merah, kuning, putih) ke STB
  • Nyalakan TV dan STB dengan remote control
  • Pilih mode AV di TV analog
  • Pilih menu “Tuning”, pilih “Auto Tuning”
  • Pilih “Rekam”, siap untuk menonton TV digital  
0 Komentar