Rumput Mengering, Pakan Ternak Berkurang

0 Komentar

Jika musim kemarau tiba, tak hanya lahan pertanian yang terdampak, namun keberlangsungan ternak juga ikut terkena dampaknya. Pasalnya, musim kemarau membuat rumput yang menjadi makanan ternak ikut kering.

Beginilah keseharian ajat salah seorang warga Kedungmenjangan, yang sudah 13 tahun lamanya menjadi penggembala kambing. Ia biasa menggembala kambing di area pinggir sawah yang memiliki rumput melimpah.

Akan tetapi, ketika musim kemarau tiba, rumput yang biasa hijau tersedia, mulai berkurang karena seluruh kawasan tempat ia menggembala mengalami kekeringan.

Baca Juga:Dukung Pengembangan Kawasan Pecinan250 Ribu Lebih Warga Kota Cirebon Masuk Daftar Pemilih

Tentu ini menjadi masalah baru, karena dengan memakan rumput kering, kambing-kambing yang ia gembala menjadi kurang gemuk bahkan cenderung lama pertumbuhannya.

Meski ia menggembala kambing yang bukan miliknya, ia tetap bersyukur karena ada bagi hasil jika salah satu kambing dapat terjual. Hal ini bisa dikatakan upah ia selama menggembala kambing.

Setidaknya, ada 23 ekor kambing yang saat ia gembalakan. Mulai dari umur beberapa bulan dan lebih dari satu tahun. Ia sendiri tak bisa berbuat banyak jika musim kemarau, tetap menggembala meski lahan pakan rumput sudah mulai mengering

0 Komentar