Masyarakt Awam Pasti Bertanya-tanya Bagaimana Cara Pasang Set Top Box TV? Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya: Ikuti Jangan Sampai Ada yang Terlewat

ceklist.id
ceklist.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin sudah banyak dari kita yang mengetahui bahwa pada bulan April 2022, pemerintah telah memberhentikan siaran tv analog dan beralih ke tv digital. Maka dari itu masyarakat harus mempunyai set top box. Selain itu juga kamu harus tahu cara pasang set top box pada tv.

Masyarakat yang mempunyai TV analog tidak perlu membeli TV baru, cukup menggunakan Set Top Box untuk menangkap sinyal siaran TV digital. Jadi, kamu tidak usah merogoh kocek yang dalam hanya untuk menonton siaran digital. STB sendiri di jual dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari 100 ribuan saja.

Set top box ini sama seperti converter, yang berfungsi mengubah sinyal digital sehingga tv analog bisa membacanya. Dengan begitu, kamu hanya bisa memanfaatkan STB ketika Analog Switch Off (ASO) mulai di implementasikan.

Baca Juga:Staycation Ala Orang Eropa dengan 5 Daftar Villa di Pangalengan Bandung yang Menawarkan Suasana Unik dan Menarik: Fasilitas Tak Perlu Diragukan LagiAki-Aki Juga Sanggup Beli Mobil Suzuki Ignis Baru yang Spesifikasinya Bisa Diadu- Harganya Kompetitif Mampu Menyaingi Kelas City Car Lainnya

Sebelum bisa menayangkan siaran dari sinyal digital, kamu perlu mengatur (setup) STB ke TV analog. Terkait dengan perangkat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika atau kominfo mengingatkan untuk tidak asal membeli stb sembarangan.

Pemilihan stb ini harus yang sudah bersertifikat dari kominfo. STB yang sudah bersertifikasi Kominfo mempunyai fitur Early Warning System (EWS). Fitur ini bisa menginformasikan bencana, seperti gempa bumi, yang akan tampil di layar televisi.

Selain itu juga ada ciri-ciri set top box yang sudah bersertifikat, yakni logo DVB T2, tulisan Siap Digital, dan gambar MODI yang menjadi maskot Siap Digital. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini cara pasang set top box tv.

Cara Pasang Set Top Box TV

1. Siapkan STB dan TV Analog

Hal yang pertama yaitu siapkan STB dan TV analog. Pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog.

2. Sambungkan Kabel Antena

Kemudian sambungkan kabel antena ke STB.

3. Pilih mode AV pada TV analog

Setelah itu nyalakan TV dan STB dengan remot. Lalu pilih mode AV pada TV analog.

4. Pilih menu HDMI atau AV

Selanjutnya masuk ke setting dan pilih HDMI. Jika tidak ada, pilih menu AV.

5. Pilih menu Pencarian Otomatis

Pilih menu “Pencarian Saluran” kemudian “Pencarian Otomatis” untuk mendeteksi siaran TV digital.

Baca Juga:Awal Bulan Baru, Saatnya Ganti Hp Baru! Cari Tahu Yuk Spesifikasi dan Harga Infinix Smart 6 Ocean Wave yang Dibanderol 1 Jutaan AjaKetahui Skor Antutu Infinix Zero 5G 2023 Terbaru Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan: Kamu Harus Punya!

6. Pilih menu “Simpan”

Tahap yang terakhir, Pilih menu “Simpan”. Selesai, dan TV Digital siap untuk di tonton.

***

0 Komentar