Samsat Digital Jabar Tercanggih Di Indonesia Beri Kemudahan Layanan

0 Komentar

Samsat Digital Jawa Barat kini hadir, sebagai bukti negara hadir berikan kemudahan layanan kepada masyarakat. Samsat digital yang dianggap tercanggih di Indonesia, akan direplikasi di seluruh kabupaten maupun kota di Jawa Barat.

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) resmi menghadirkan layanan samsat berbasis digital di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung. Pada Selasa 29 Agustus 2023, yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono dan Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai inovasi yang dilakukan oleh Bapenda akan sangat efektif dalam meningkatkan pajak daerah khususnya pada kendaraan.

Baca Juga:Realisasi Pajak Provinsi Di atas 45 Persen, Bapenda Gencar SosialisasiTruk Kontainer Masuk Parit

Samsat Digital Terminal Leuwipanjang merupakan bukti hadirnya negara dalam memberikan layanan kepada masyarakat, dan diklaim tercanggih di Indonesia, dan terminalnya cukup modern, tertata dengan baik.

Sementara Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik mengatakan, hadirnya samsat digital ini merupakan solusi terbaik dan bentuk kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga pihak kepolisian RI. Dan harus mendekatkan kepada masyarakat dalam pelayanan terutama dalam edukasi pajak, pelayanan melalui sistem digitalisasi ini dapat memudahakan masyarakat dalam melakukan pembayaran khususnya pajak kendaraan, dan lebih efisien, dari yang biasanya sampai 2 jam, nanti akan lebih cepat hanya 5 menit baik untuk (pajak kendaraan) tahunan maupun yang 5 tahunan.

Fasilitas untuk para wajib pajak juga perlu mencetak bukti pembayaran pajak kendaraan tahunan, karena akan dikirimkan melalui aplikasi email dan whatsapp langsung ke wajib pajak. Selain itu, seluruh pembayarannya menggunakan pembayaran non tunai atau cashless, baik QRIS, virtual account dan atau mesin EDC atau kartu debit.

Bapenda Provinsi Jawa Barat akan terus mengembangkan dan mereplikasi layanan samsat digital ini di seluruh samsat di kabupaten, kota secara bertahap agar seluruh penduduk Jawa Barat dapat menikmati kemudahan dalam membayar pajak kendaraan yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan daerah untuk membangun Jawa Barat

0 Komentar