Program Kalaju KKP Di Desa Citemu

0 Komentar

Kabupaten Cirebon memiliki beberapa daerah atau desa yang berada di wilayah pesisir pantai utara. Hal ini menjadi potensi yang dapat dikelola secara baik oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat, seperti yang ada di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon.

Program kampung nelayan maju (Kalaju) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berlokasi di Desa Citemu, Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, kini tengah memasuki progres 70 hingga 80 persen proses pelaksanaan. Program ini terus dioptimalkan sehingga ditargetkan selesai pada akhir bulan September 2023.

Sebagai informasi cikal bakal Kalaju Desa Citemu sudah mulai hadir sejak maret 2022 lalu. Dan tahun ini adalah momen realisasi dari program tersebut, di mana sejak Agustus lalu program terus dimaksimalkan agar sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Baca Juga:Menjelajahi Kuliner Pedagang Kaki Lima Di CirebonMenikmati Topoci

Di Indonesia, ada sekitar 60 penerima program kampung nelayan maju tersebut, dan Desa Citemu menjadi salah satunya.

Menurut Kuwu Citemu Herintiano, sebanyak 7 titik pembangunan infrastruktur sedang dalam proses penyelesaian dalam program Kalaju ini. Tujuh titik tersebut adalah lukisan mural pada tembok sepanjang 100 meter, jalan rambat beton dari jalan raya, pembangunan penerangan jalan umum (PJU). Selain itu ada pembangunan gapura utama program Kalaju, di mana nanti di atas gapura akan ditaruh sebuah maskot yang berupa perahu kecil sepanjang tiga meter.

Kemudian ada bangsal nelayan yang nantinya dapat difungsikan sebagai tempat pertemuan, musyawarah atau bahkan sekadar tempat istirahat. Selanjutnya sandaran perahu, serta pengerasan jalan di sebelah timur desa yang berbatasan dengan mangrove di bibir pantai.

Herintiano berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan daya jual yang ada di Desa Citemu. Baik dari sektor nelayan, kesenian dan aspek lainnya

0 Komentar