Desa Jemaras Kidul Surganya Kreativitas UMKM

0 Komentar

Desa Jemaras Kidul Kabupaten Cirebon menjadi surganya usaha mikro kecil dan menengah. Produk umkm di Desa Jemaras Kidul bahkan sukses memenuhi pangsa pasar nasional.

Desa Jemaras Kidul Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon, menjadi surganya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di desa ini, UMKM dan kerajinan tumbuh subur beriringan dengan perkembangan ekonomi masyarakat.

Beragam kerajinan yang sudah tumbuh sebagai sektor usaha, bahkan sukses merajai pangsa pasar nasional. Diantaranya pembuatan kerajinan mainan anak-anak seperti barongsai dan topeng.

Baca Juga:Warga Desa Cimulya Terima Bantuan Air BersihHUT Ke – 44 Pengajian Al-Hidayah Dan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kuwu Desa Jemaras Kidul memberikan dukungan penuh agar umkm bisa semakin berkembang. Terlebih kualitas produk UMKM asal Desa Jemaras Kidul sudah diakui menjadi salah satu yang terbaik. Pemerintah desa bahkan berencana untuk mensinkronisasi umkm dengan potensi wisata religi dan edukasi.

Sementara, selain UMKM kerajinan barongsai dan topeng, di Desa Jemaras Kidul juga ada yang memproduksi mainan perahu otok-otok yang merupakan mainan anak-anak legend. Menurut Kuwu Desa Jemaras Kidul, seluruh produk UMKM ini sudah dikirim ke seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pemerintah Desa Jemaras Kidul rencananya akan mendorong pembentukan kawasan terpadu, yakni UMKM dan wisata edukasi. Terlebih di desa ini ada kerajinan pandai besi yang sudah sangat jarang ditemui di Cirebon

0 Komentar