Tanah Retak Dan Kering Ditanami Kacang Hijau

0 Komentar

Seorang petani memanfaatkan kemarau panjang dengan menanam kacang hijau, menurutnya, seorang petani harus jernih dan pintar mengatur serta menganalisa perkiraan bulan untuk kondisi sawahnya, dan kondisi kemarau panjang seperti sekarang ini tepat untuk di tanami kacang hijau.

Kholil, seorang petani di Desa Gintung Lor Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon, memanfaatkan tanah yang tidak bisa ditanami padi dengan mengubahnya dengan menaburkan bibit kacang hijau agar bisa di panen.

Walaupun kondisi tanah yang retak bahkan tidak ada air, tanaman kacang ini akan tumbuh dan cepat untuk di panen. Menurutnya, ia bisa saja melakukan paksa untuk di tanami padi, namun kondisi ini kurang tepat, dan sudah ketentuannya untuk menanam kacang hijau.

Baca Juga:Petani Beralih Profesi Jadi Pembuat Batu Bata MerahWarga Setupatok Terancam Tak Bisa Salurkan Hak Pilih

Kholil juga menambahkan, walaupun sekarang ini harga kacang hijau sangat tidak sebanding, bahkan turun drastis dari harga tahun sebelumnya, namun tidak menjadi masalah, dari pada sawah yang luasnya 1 bau lebih ini dibiarkan begitu saja.

Ia juga mengatakan, bahwa sembari mengisi kekosongan waktu dan menunggu hujan, menanam sampai memanen kacang ini adalah waktu yang tepat. Meskipun hasilnya sedikit, namun ia tetap bersyukur dengan apa yang didapat

0 Komentar