Cirebon, Surga Kuliner yang Tak Terlupakan: 7 Jajanan Khas yang Menggoda Selera

Cirebon, Surga Kuliner yang Tak Terlupakan: 7 Jajanan Khas yang Menggoda Selera
jajanan khas Cirebon: tokopedia.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Empal gentong dan nasi jamblang adalah makanan khas Cirebon yang paling terkenal, dan rasanya sudah terkenal di seluruh Nusantara. Apakah Anda tahu bahwa empal gentong bukan satu-satunya hal yang terkenal di Cirebon? Ketika Anda pergi ke Cirebon, ada banyak makanan yang harus Anda coba.

Wisata kuliner Cirebon adalah pengalaman yang menyenangkan. Di kota ini ada banyak tempat makan yang lezat. Jika Anda hanya makan menu utamanya, Anda sudah kenyang. Kami akan mengulas satu persatu jajanan khas Cirebon yang enaknya bikin ketagihan. Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya!

Rekomendasi Jajanan Enak Khas Cirebon

1. Kue Apem

Jajanan khas Cirebon yang satu ini bisa di jumpai di beberapa daerah. Namun, kalau Anda sedang berkunjung ke Cirebon, jangan lewatkan kue apem yang di jual di kota tersebut. Kue apem khas Cirebon ini terkenal gurih dan nikmat.

Baca Juga:Ini Dia Rekomendasi Drama China Terbaru 2023 dengan Rating Tertinggi, di Jamin Seru Loh!Cara Melindungi Diri dari Ancaman Cacar Monyet: Langkah-Langkah Mencegah Penularan yang Penting

Bahan yang di gunakan untuk membuat kue apem Cirebon adalah telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam. Kemudian, adonan tersebut di masak dengan cara di bakar atau di kukus. Kue apem yang di bakar rasanya lebih legit dan gurih, lho. Untuk menambah kelezatannya, kue apem khas Cirebon biasa di nikmati dengan saus gula merah yang enak banget.

2. Serabi

Serabi adalah jajanan yang bisa Anda temukan di berbagai kota, seperti Bandung atau Surakarta. Namun, kalau ke Cirebon Anda wajib mencoba serabi khas kota tersebut. Serabi Cirebon ini sangat unik karena tidak menawarkan rasa manis seperti serabi pada umumnya.

Serabi khas Cirebon di buat dengan campuran telur, tempe goreng, oreg tempe, oncom, sampai dengan tauco! Jadi, rasa serabi khas Cirebon ini cenderung asin ketimbang manis. Yang pasti Anda akan merasakan makan serabi dengan sensasi yang berbeda ketika menyantap serabi khas Cirebon ini. Tak perlu khawatir karena rasa serabi asin ini tidak kalah enak di banding serabi manis yang biasa Anda makan.

3. Tahu Gejrot

Yang satu ini adalah jajanan khas Cirebon yang wajib banget Anda coba. Adalah tahu gejrot yang merupakan kuliner dari Cirebon yang sudah bisa di temukan di berbagai kota maupun daerah di Indonesia. Walaupun makanan ini sudah bisa di temukan dengan mudah, tetapi rasanya kurang afdol jika Anda tidak menikmati tahu gejrot langsung di kota asalnya.

Tahu gejrot merupakan tahu yang di goreng, lalu di beri sedikit kecap manis dan gula aren. Setelah itu, tahu di campur dengan ulekan bawang merah, bawang putih, dan cabe. Di namakan tahu gejrot karena setiap di gigit, cairan yang ada di dalam tahu akan terasa “pecah” di dalam mulut.

4. Kerupuk Melarat

Jangan takut untuk makan kerupuk melarat karena itu hanyalah sebuah nama saja. Anda tidak akan jatuh melarat ketika makan kerupuk warna-warni ini. Kalau ke Cirebon, Anda wajib membeli kerupuk melarat. Selain harganya murah, rasanya juga enak.

Kerupuk ini cocok banget untuk di makan bersama nasi atau di jadikan cemilan saja. Yang membuat kerupuk melarat ini unik dan memiliki cita rasa yang berbeda, kerupuk ini tidak di olah dengan minyak goreng, melainkan dengan pasir. Selain itu, kerupuk ini juga lebih enak jika di nikmati bersama sambal asam pedas.

Baca Juga:Kembalikan Keindahan Rambut Kamu dengan 5 Rekomendasi Shampo Antri Rontok yang Akan Membuatmua Terpesona!Mari Bernostalgia, Ini Dia Game PC Jadul yang Pernah Menemani Masa Kecil Kita

5. Tape Ketan

Tape merupakan makanan yang bisa di jumpai di setiap daerah. Namun, jika Anda berkunjung ke Cirebon, Anda harus mencoba tape ketan khas dari kota ini. Tape yang memiliki rasa asam akan di campur dengan beras ketan manis. Kemudian, adonan tape dan beras ketan ini di bungkus dengan daun pisang agar aromanya semakin harum, lalu di kukus sampai matang.

Jajanan pasar asli Cirebon ini sangat legit dan bikin ketagihan. Anda dapat menjumpai jajanan tape ketan ini di sejumlah tempat makan atau toko kue yang berada di Cirebon.

6. Rengginang

Makanan yang satu ini terbuat dari nasi putih yang di jemur hingga kering, lalu di goreng di dalam minyak panas. Ya, rengginang adalah cemilan yang bisa di temukan hampir di setiap wilayah di Indonesia. Namun, rengginang khas Cirebon ini berbeda dengan rengginang dari daerah lain.

Ciri khas Rengginang Cirebon ini adalah bentuknya yang mini dan rasanya yang gurih. Rengginang dari Cirebon hadir dalam berbagai rasa, mulai dari keju, jagung bakar, cumi, ebi, terasi, sampai dengan yang original. Anda bisa membeli rengginang khas Cirebon ini untuk cemilan di perjalanan atau oleh-oleh untuk orang terdekat.

7. Kue Gapit

Belum ke Cirebon rasanya kalau belum membeli kue gapit. Ini adalah jajanan khas Cirebon yang sangat terkenal. Sekilas, bentuk kue gapit ini mirip sekali dengan wafer. Bedanya, tidak ada selai yang melapisi kue gapit.

Kue kering yang satu ini di bandrol dengan harga yang cukup murah. Kue ini dapat di beli untuk oleh-oleh karena kue gapit sangat cocok jika di nikmati dengan secangkir teh manis. Selain rasa original, kue gapit juga tersedia dalam rasa balado, bawang, manis, kacang, dan keju.

Itu dia jajanan khas Cirebon ini membuat wisata kuliner Anda di kota tersebut jadi semakin menyenangkan. Selain menyediakan empal gentong, Cirebon juga memiliki berbagai jajanan yang bisa memanjakan lidah dan perut Anda.

0 Komentar