Program Kampung Susun Akuarium Anies Baswedan Raih Penghargaan Internasional, Asia Pacific Housing Forum (APHF) Innovation Awards 2023

Program Anies Raih Penghargaan Internasional
Kampung Susun Akuarium/Iqbal
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kampung Susun Akuarium Program Anies Baswedan di Jakarta baru-baru ini di nobatkan sebagai pemenang penghargaan tertinggi.

Yakni Asia Pacific Housing Forum (APHF) Innovation Awards 2023 dalam kategori inisiatif program perumahan masyarakat sipil.

Pemenang di umumkan di Suwon, Korea Selatan pada 26 dan 27 Oktober 2023.Mengutip lamanaphusingforum.org, Senin (30 Oktober 2023).

Baca Juga:Mengejutkan, Bintang TV Hellbound Yoo Ah In Terjerat Kasus Narkoba, Gunakan Nama Ayah dan Adik Untuk Dapatkan NarkobaCatat! Jadwal Timnas Indonesia di Bulan November 2023, U-17 di Piala Dunia dan Senior Kualifikasi Putaran 2 Piala Dunia 2026

Anies Baswedan Pada acara penghargaan tersebut di bagi menjadi tiga kategori, yakni kebijakan publik tentang solusi perumahan

Ada masyarakat sipil program dan teknologi perlindungan rumah atau teknologi sektor swasta.

Dalam kategori yang sama, Kampung Akuarium bersaing dengan program Kawasan Prioritas Permukiman Miskin Perkotaan yang di usulkan Kamboja di Phnom Penh.

Karya Tercipta yang Mendunia Inspiratif

Selain memenangkan kategori utama, Kampung Susun Aquarium juga menerima penghargaan Sustainable Consumption and Production Innovation dari SwitchAsia.

“Kedua penghargaan ini membuktikan bahwa Kampung Susun merupakan inovasi perumahan yang di akui dunia.

Kampung Akuarium juga telah di kunjungi dan menjadi sumber inspirasi bagi ratusan orang dari seluruh dunia,” ujar Direktur

Rujak Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu 29 Oktober 2023 di kutip Antara.

Baca Juga:Carabao Cup 2023: Tersingkir, Manchester United Dibantai Newcastle 0-3 di Theater of Dream Old TraffordKok MU Lagi Sih Yang Jadi Bahan Pembicaraan? Alasan Manchester United Di Bully Walau Peraih Juara Premier League Terbanyak

Sebelum mengambil keputusan, Elisa memperkenalkan Kampung Akuarium kepada sekitar 200 peserta Asia-Pacific Housing Forum pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Dalam pemaparannya, Elisa menekankan aspek inovatif Kampung Susun sebagai perumahan sosial berbasis manusia yang produktif .izin.

Proses produksinya menggunakan pendekatan kolaboratif dan metode perencanaan bersama (co-design) sehingga proses akhir dan produk.

Kemudian di terapkan dalam program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Gubernur Anies Baswedan Provinsi DKI Jakarta.

Pemerintah juga melakukan terobosan dengan memperbolehkan penggunaan dana SP3L untuk renovasi perumahan.

Sebelumnya, uang tersebut hanya di gunakan untuk membangun rumah susun sewa sederhana (rusunawa).

Lebih lanjut, Elisa mengatakan pengelolaan Kampung Susun di lakukan secara kolektif di bawah koperasi Akuarium Bangkit

Mandiri dengan berbagai unit usaha yang pada akhirnya dapat menekan biaya hidup dan pemeliharaan apartemen bagi penghuninya.

Anies Baswedan Desa tersebut merupakan proyek kolektif Rujak Center for Urban Research yang bekerja sama dengan koperasi Akuarium Bangkit Mandiri, Urban Poor Network, dan Urban Poor Association.

0 Komentar