Rasakan Lezatnya Kuliner Khas Yogyakarta: Rekomendasi Makanan yang Harus Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja!

Rasakan Lezatnya Kuliner Khas Yogyakarta: Rekomendasi Makanan yang Harus Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja!
makanan khas yogyakarta: meimoodaema.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Selain di kenal punya wisata alam yang indah, Yogyakarta juga memiliki banyak kekayaan kuliner khas nan menggugah selera.

Kalau kamu sedang liburan ke Kota Pelajar ini, berikut ini rekomendasikan kuliner atau makanan khas Yogyakarta yang enak-enak dan legendaris. Simak ulasan lengkapnya, ya!

1. Gudeg

Gudeg dengan rasa manis menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Biasanya di sajikan dengan ayam kampung, telur, tempe, dan sambal goreng krecek.

Baca Juga:Jogja Kekinian: 5 Tempat Wisata Terbaru di Jogja yang Wajib Dikunjungi untuk Pengalaman Liburan yang Tak Terlupakan!Jangan Kecewa Setelah Membeli! Kenali 5 Kekurangan Vivo V29e yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Ini!

2. Krecek

Krecek punya rasa pedas dan gurih yang mampu mengimbangi manisnya gudeg. Kulit sapi, bumbu santan, lengkuas, dan terasi jadi bahan utamanya.

3. Tiwul

Tiwul di buat dari tepung gaplek yang di keringkan. Ini bisa di olah jadi jajanan manis atau di makan sebagai pengganti nasi. Biasanya di sajikan dengan urap, ikan asin, dan sambal cabuk.

4. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan sejenis sup dengan bahan utama daging kambing. Bumbunya antara lain kemiri, teh jintan, jahe, dan kunyit bakar.

5. Mangut lele

Rahasia kenikmatan mangut lele khas Yogyakarta adalah proses pengasapannya. Benar, sebelum di olah, lele akan di asapi terlebih dahulu agar lebih beraroma dan gak amis.

6. Brongkos

Brongkos sekilas mirip rawon, tapi kuah lebih kental. Nah, yang buat brongkos enak adalah tambahan kacang tolo. Ada juga tambahan aneka lauk, sepeti telur, tahu, dan lain sebagainya. Wah, di jamin rasanya enak banget!

7. Sate kelinci

Meski sate kelinci bisa kamu temui di mana pun, tetapi, sate kelinci Mbah Ganis khas Yogyakarta ini bikin nagih, lho. Pasalnya, olahan sate kelinci di sini, di padu bumbu rahasia super lezat. Dagingnya pun lembut dan gak alot, cocok di makan dengan nasi putih.

8. Tengkleng Gajah

Siapa, sih, yang gak kenal Tengkleng Gajah khas Yogyakarta? Menu ini terbuat dari olahan tulang kambing yang di buat sup dengan kuah kental yang legit. Spesialnya, potongan daging pada menu ini di sajikan dalam ukuran jumbo yang bikin kenyang lebih lama.

Baca Juga:Kulit Berminyak? Jangan Khawatir! 5 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak yang Akan Membuatmu Lebih Percaya Diri!Kulit Wajah Cantik Dimulai dari Mengetahui Jenis Kulitmu: 5 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Wajah yang Akan Membuatmu Terpesona!

9. Enthok Slenget

Kalau lagi ke Yogyakarta, kamu wajib coba Enthok Slenget. Sesuai namanya, hidangan ini merupakan olahan enthok yang di masak semur dengan tambahan cabai dan lada. Untuk rasanya sendiri cenderung pedas, manis, dan gurih.

10. Oseng-oseng mercon

Gak hanya gudeg, oseng mercon asal Yogyakarta ini juga enak, lho. Umumnya, hidangan ini di olah dari lemak sapi atau telur yang di padukan dengan cabai segar. Ini menimbulkan sensasi pedas yang nampol banget!

Itulah rekomendasi makanan khas Yogyakarta yang wajib kamu coba saat sedang berada di sana. Semuanya enak, lho! Kamu sudah coba yang mana saja?

0 Komentar