Adwi Bangkitkan Ekonomi Melalui Wisata Dan Ekonomi Kreatif 

0 Komentar

Anugrah Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menghadirkan wisata desa yang bertaraf dunia. Kemenparekraf mendorong peningkatan ekonomi desa melalui potensi wisata.

Anugerah Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, berkomitmen untuk membangkitkan ekonomi desa melalui wisata dan ekonomi kreatif. Anugerah Desa Wisata atau Adwi, menjadi wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Seperti di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, yang memiliki beragam daya tarik diantaranya kampung literasi sedulur sikep atau lebih dikenal sebagai Kampung Samin. Desa Sambongrejo ini juga memiliki daya tarik alam yang menjadi bonus demografi, yang bisa menjadi paket wisata edukasi dan budaya.

Baca Juga:Tebing Sungai Kalilunyu TergerusWonton Ayam Tulang Rangu Pedas

Kesenian klothek lesung merupakan salah satu kesenian tradisional di desa wisata Sambangrejo, biasanya digunakan oleh ibu-ibu warga Kampung Samin yang dulu digunakan sebagai alat penumbuk padi. Selain seni klothek lesung, disini juga ada drumblek yang merupakan kesenian warga kampung samin untuk menyambut tamu desa yang datang.

Sebagai desa wisata, sambongrejo memiliki banyak potensi budaya diantaranya pemakaian udeng, pitutur luhur dan kelas membantik yang bisa menjadi wisata edukasi bagi wisatawan untuk lebih mengenal budaya Desa Sambongrejo. Beragam fasilitas untuk menjadi desa wisata juga tersedia, diantaranya homestay dan toilet, serta sovenir

0 Komentar