Tak Hanya Terkenal Dengan Soto Makasar Tapi Makasar Memiliiki Kuliner legendaris Yakni Es Pisang Hijau !

Tak Hanya Terkenal Dengan Soto Makasar Tapi Makasar Memiliiki Kuliner legendaris Yakni Es Pisang Hijau !
Tak Hanya Terkenal Dengan Soto Makasar Tapi Makasar Memiliiki Kuliner legendaris Yakni Es Pisang Hijau !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- es pisang hijau bisa menjadi bahan jualan kalian di nih bun atau hanya sekedar buat makanan bersama keluarga Pisang ijo atau es pisang ijo merupakan kudapan asal Makassar yang segar dan manis.

Ada cita rasa tersendiri dari kudapan ini karena menggunakan sirop pisang ambon. yang khas.  Kalau kamu ingin membuat pisang ijo untuk sajian takjil nanti, ada cara membuat pisang ijo lembut, kenyal dan kulitnya mengilap. 

Di kutip dari salah satu Chef Roni Rahman selaku Sous Chef Pastry di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, membagikan cara bikin pisang ijo lembut yang mudah di ikuti.

Baca Juga:Mari Di Cek Yuk Harga Iphone Terbaru,Kali Aja Gajian Nanti Beli Iphone !Jalan Jalan Ke Cirebon Dan Nikmatin 3 Wisata Yang Ada Di Cirebon !

1. Gunakan tepung terigu protein rendah  Dalam penuturannya, Chef Roni biasa menggunakan tepung terigu protein rendah untuk membuat adonan kulit pisang ijo.  “Kalau di tempat saya bekerja ini, saya biasa menggunakan tepung terigu protein rendah.

Jadi, tidak menggunakan tepung beras. Penggunaan tepung terigu protein rendah ini cocok untuk membuat aneka jajanan pasar, salah satunya kulit pisang ijo”

2. Gunakan pisang raja  Salah satu bahan utama membuat es pisang ijo adalah pisang. Kamu bisa menggunakan jenis pisang raja, seperti yang di sarankan oleh Chef Roni.  “Pakai pisang raja.

Itu harus menggunakan pisang raja dengan kematangan yang matang. Kalau masih mengkel atau mentah nanti hasil akhirnya tidak manis.” ungkapnya. 

Chef Roni juga menambahkan kalau pisang kepok juga bisa di gunakan untuk membuat pisang ijo. Hanya saja, jenis pisang yang sering di gunakannya adalah jenis pisang raja karena rasa dan teksturnya yang pas. 

3. Tambahkan margarin Sebagai penambah rasa gurih pada adonan kulit pisang ijo, Chef Roni menyarankan untuk menambahkan margarin.  “Kalau saya biasa menambahkan margarin biar ada rasa gurih pada kulitnya.” imbuhnya. 

4. Tambahkan mentega  Kamu bisa menggunakan sedikit mentega pada adonan kulit pisang ijo, agar warna dari kulitnya lebih mengilap, seperti yang di katakan oleh Chef Roni.

“Benar sekali, bisa di tambahkan dengan sedikit mentega biar permukaannya lebih shining atau glowing gitu.” katanya.

Baca Juga:Cuaca Tak Tentu Segernya Minum Es Cincau Kelapa Muda Dan Es Cincau Buah Nangka,Ini Dia Resepnya !Ingin Yang Praktis Dan Murah Bun ! Bikin Olahan Tempe Oreng Yuk !

5. Bahan pengganti sirop pisang ambon Salah satu bahan utama membuat es pisang ijo adalah sirop pisang ambon atau sirop dht.

Kalau kamu kesulitan dalam mencari sirop tersebut, kamu bisa menggantikannya dengan sirop coco pandan siap pakai, seperti yang di sarankan oleh Chef Roni. 

6. Adonan kulit pisang ijo harus di aduk sampai kalis  Ada cara membuat kulit pisang ijo agar menempel pada pisang yaitu pastikan kamu mengaduk adonan kulit pisang ijo sampai kalis. 

“Nah itu ada tipsnya, jadi adonan harus di aduk terus. Jangan berhenti kalau adonan sudah mendidih. Tetapi harus di aduk terus sampai kalis dan adonan tidak menempel pada panci.

itu dia 6 tips membuat es pisang hijau asal makasar yang mungkin bisa bunda lakukan di rumah ,selamat mencoba.

 

0 Komentar