Ini 8 Doa yang Wajib di Bacakan Pada Saat Sedang Ibadah Haji

Doa Ibadah Haji/Alodokter
Doa Ibadah Haji/Alodokter
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ibadah haji, sebagai salah satu rukun Islam yang di laksanakan setahun sekali, memerlukan persiapan spiritual yang matang. Selain memahami ritus dan tata cara ibadah, membaca bacaan-bacaan tertentu juga menjadi bagian penting dalam menjalankan ibadah haji. Berikut adalah beberapa bacaan yang sebaiknya di baca saat melangsungkan ibadah haji:

8 Doa yang Wajib di Bacakan Saat Ibadah Haji

1. Talbiyah

Yang pertama, sejak saat pertama kali memasuki ihram, jamaah haji di wajibkan membaca talbiyah. Bacaan ini mencerminkan niat dan kesadaran untuk menjalankan ibadah haji. “Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaik la sharika laka Labbaik, Innal hamda wannimata laka wal mulk, La sharika lak” adalah rangkaian kalimat yang mengandung pengakuan bahwa setiap langkah yang di ambil dalam ibadah haji merupakan jawaban atas panggilan Allah.

2. Doa-doa di Maqam Ibrahim

Selanjutnya, saat berada di dekat Maqam Ibrahim, di sunahkan untuk membaca beberapa doa, termasuk doa Ibrahim dan doa keselamatan bagi diri sendiri dan umat Islam. Bacaan ini mencerminkan penghormatan terhadap peristiwa-peristiwa sejarah yang terkait dengan Ibrahim dan Isma’il.

Baca Juga:8 Syarat Ibadah Haji Bagi Umat Muslim, Yuk Simak Sekarang Juga!Kemenag Usulkan Biaya Haji 2024 Naik Jadi 105 Juta, Begini Alasannya

3. Doa di Padang Arafah

Kemduian, saat berada di Padang Arafah, membaca doa dan dzikir adalah amalan yang sangat di anjurkan. Calon haji di sarankan untuk banyak berdoa memohon ampunan, petunjuk, dan perlindungan Allah. Doa pada hari Arafah memiliki keistimewaan tersendiri karena Rasulullah SAW bersabda bahwa doa pada hari tersebut di jawab oleh Allah.

4. Doa Tawaf dan Sa’i

Berikutnya, saat menjalani tawaf dan sa’i, jamaah haji di sunnahkan untuk membaca doa-doa tertentu. Doa-doa ini mencakup permohonan ampunan, rahmat, dan keberkahan. Membaca doa dengan khusyuk dan penuh harap merupakan bagian integral dari tawaf dan sa’i.

5. Doa saat Melontar Jumrah

Dan, saat melontar jumrah, melempar batu ke tiga tiang yang melambangkan tiga kisah yang melibatkan Ibrahim dan Iblis, membaca doa merupakan hal yang penting. Doa ini mencerminkan keseriusan dan ketegasan dalam menolak godaan setan, sebagaimana yang di alami oleh Nabi Ibrahim.

6. Doa pada Hari Raya Idul Adha

Selain itu, kamu pasti tahu jika Hari Raya Idul Adha di rayakan di tengah-tengah pelaksanaan ibadah haji. Jamaah haji di sarankan untuk membaca doa khusus untuk Hari Raya Idul Adha, merayakan hari yang penuh makna ini dengan syukur atas pengorbanan Nabi Ibrahim dan Isma’il.

7. Doa di Mina

Oleh karena itu, saat berada di Mina, jamaah haji di anjurkan untuk banyak berdoa dan berzikir. Doa di tempat-tempat suci ini memiliki nilai dan keutamaan tersendiri. Mengingat perjalanan panjang dan beratnya ibadah haji, doa di Mina menjadi sarana untuk memohon kekuatan dan ketabahan.

8. Doa di Raudhah dan di Masjidil Haram

Bagi jamaah haji yang memiliki kesempatan, berdoa di Raudhah (tempat istimewa di Masjid Nabawi) dan di Masjidil Haram memiliki nilai yang luar biasa. Doa di tempat-tempat suci ini di harapkan mendapatkan keistimewaan dan keberkahan yang lebih.

Kesimpulan

Bacaan-bacaan tersebut bukan hanya sekadar rangkaian kata, melainkan merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, mengingat sejarah peristiwa-peristiwa penting dalam Islam, serta memohon petunjuk dan ampunan-Nya. Melalui bacaan yang di pahami dan di ucapkan dengan tulus, jamaah haji dapat memperdalam makna spiritualitas dan kesalehan dalam menjalankan ibadah haji. Bacaan-bacaan tersebut menjadi pijakan spiritual untuk memandu setiap langkah ibadah haji dengan penuh kekhusyukan dan kesadaran akan makna ibadah tersebut dalam agama Islam.

0 Komentar