Realisasi Dana Desa Untuk Ketahanan Pangan

0 Komentar

Pemerintah Desa Tuk, Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, kembali merealisasikan ketahanan pangan melalui dana desa tahun 2023. Ketahanan pangan dari dana desa di tahun kedua itu diperuntukkan pembangunan kandang ayam dan membeli ayam serta pemagaran keliling untuk keamanan hewan yang dipelihara.

Pemerintah Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, merealisasikan dana desa untuk ketahanan pangan. Program itu sudah dilakukan sejak tahun lalu dan sekarang tahun kedua. Beberapa program yang dilakukan diantaranya untuk ternak domba, ikan patin, tanaman hidroponik, ayam serta entog.

Kuwu Tuk Paturohim Wijaya mengatakan, ketahanan pangan dari dana desa di tahun kedua ini diperuntukan pembangunan kandang ayam dan membeli ayam. Demi keamanan pun pemdes melakukan pemagaran keliling untuk hewan yang ada lahan sekitar 6 ribu meter persegi.

Baca Juga:FKKC Desak Revisi UU Desa Segera Diketok PaluAhmad Hudori Gelar Khitanan Masal Gratis

Dalam pengelolaan, desa melibatkan masyarakat sekitar dan ditargetkan 6 bulan kedepan sudah bisa menghasilkan. Selain itu Pemdes mendapatkan bantuan dari Kementrian Pertanian UPPO berupa sapi yang mana nanti ini berguna untuk mendukung petani dalam menyediakan pupuk organik secara mandiri.

Sementara, Pemdes berharap untuk pengembangan program ketahanan pangan, juga mendapat bantuan dari instansi terkait karena selama ini hanya mengandalkan dana desa

0 Komentar