Mengapa Saat Musim Hujan Bikin Rasa Ngantuk Cenderung Meningkat? Ini Penjelasannya

Mengapa Saat Musim Hujan Bikin Rasa Ngantuk Cenderung Meningkat? Ini Penjelasannya
Mengapa Hujan Bikin Ngantuk (FOTO ILUSTRASI/ Tribun Batam)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pernahkah kamu merasa ngantuk saat sedang hujan? Apalagi di tambah dengan kondisi yang teduh sehingga semakin nyaman untuk meringkus di atas kasur. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh karena ada penjelasan ilmiahnya, loh. Lantas, mengapa saat musim hujan atau ketika hujan sedang turun malah bikin ngantuk?

Ada sejumlah alasan yang mendasari hal ini. Salah satunya yaitu karena irama hujan yang membuat otak menjadi rileks. Terdapat beberapa studi yang mengatakan jika suara hujan yang tenang dan konstan, dapat menjadi pengantar tidur yang baik.

Irama hujan yang terdengar menenangkan, dapat menidurkan otak, menghalangi suara dari luar dan bisa membuat keadaan yang lebih mediatif. Namun tentunya berbeda, jika suara hujan di barengi dengan suara petir yang akan membuat terjaga.

Baca Juga:Simak Tips Menjaga Rumah Saat Musim Hujan Agar Terhindar dari Hal yang Tak DiinginkanSiap Nge-Istora Lagi? Simak Harga Tiket Daihatsu Indonesia Masters 2024, Penjualan Akan Berlangsung Mulai Hari Ini!

Alasan Lain Mengapa Saat Musim Hujan Bikin Ngantuk

Selain karena irama hujan yang menenangkan, ada pula alasan lainnya. Saat hujan, tekanan di udara menjadi lebih rendah dan uap air menjadi tinggi. Keduanya membuat kadar oksigen menjadi menurun sehingga otak akan terasa lebih lelah. Sebab, hujan meningkatkan ion negatif di udara sehingga dapat membuat efek nyaman.

Lalu, produksi melatonin pada tubuh pun meningkat. Hal ini disebabkan karena minimnya pencahayaan saat musim hujan. Jika awan menutupi matahari dan langit menjadi gelap, maka melatonin di tubuh meningkat sehingga akan mengakibatkan efek lesu dan mengantuk.

Kemudian, saat hujan, biasanya makanan yang ingin di konsumsi yaitu berupa mie instan. Kandungan lemak dan karbohidrat pada mie instan cenderung tinggi sehingga dapat mengakibatkan pada penurunan gula darah secara tiba-tiba yang akan berdampak pada serangan energi rendah.

Terakhir, alasan lain mengapa saat musim hujan bikin ngantuk bukanlah hal ilmiah. Hanya saja, saat hujan, biasanya aktivitas atau gerak tubuh akan minim sehingga rasa ngantuk pun akan menyerang.

0 Komentar