Harga Murah tapi Kaya akan Manpat “Yuk Simak Manpaat Tempe bagi Kesehatan”

Harga Murah tapi Kaya akan Manpat "Yuk Simak Manpaat Tempe bagi Kesehatan"
Harga Murah tapi Kaya akan Manpat "Yuk Simak Manpaat Tempe bagi Kesehatan"
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Manpaat tempe bagi kesehatan sepertinya sudah sering di dengar oleh banyak orang dan Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai.

Proses pembuatannya melibatkan fermentasi biji kedelai yang di rebus dan di beri kultur jamur Rhizopus.

Jamur ini membantu dalam fermentasi biji kedelai sehingga menghasilkan produk makanan yang kaya akan protein dan memiliki tekstur yang kenyal.

Baca Juga:Kolesterol Naik ?? Jangan Jangan abis Makan Sate kambing “Ini dia Bahaya Sate Kambing Jika di Makan Berlebih “Coba in Resep Pisang Goreng Ala Bunda di Rumah ,Cocok Buat Jualan ,Nambah Uang Jajan !

Walaupun murah meriah, makanan ini memiliki rasa yang khas. Namun, di balik kelezatan dan keunikannya, nyatanya tempe juga memiliki sejumlah manfaat. 

Apa saja manfaat tempe yang jarang kamu ketahui? Baca selengkapnya di sini!

Apa Manfaat tempe Bagi Kesehatan Tubuh?

1.Sumber protein nabati berkualitasDalam 100 gramnya mengandung 19,05 gram protein. Menurut data kesehatan oleh US Department of Agriculture, tempe mengandung protein tinggi, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Tempe merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Kandungan protein yang tinggi membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

Protein nabati di dalamnya juga memiliki semua asam amino esensial yang penting bagi tubuh.

2.Tempe dapat meningkatkan kesehatan jantungTempe mengandung asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

Selain dari produknya, minyak untuk mengolah makanan–termasuk tempe–juga dapat memengaruhi kualitas makanannya. Salah satu jenis minyak yang direkomendasikan adalah minyak VCO.

Baca Juga:Lakukan Ini Biar Mesin Cuci Ibu Mu Tetap Terjaga ” 4cara menjaga mesin cuci dengan baik”Selamat Kan Lingkungan dan Kesehatan Kita dengan Mengetahui Bahaya Sabun Deterjen !

Baca informasi mengenai kelebihan dan kekurangan minyak ini di artikel Kenali Manfaat dan Efek Samping dari Minyak VCO.

3.Menjaga kesehatan tulang dan gigiSelain mengandung protein nabati, tempe juga mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Ketiga mineral ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4.Dapat membantu mengatur gula darahManfaat tempe selanjutnya adalah membantu kontrol gula darah. Sebab, tempe memiliki indeks glikemik rendah, sehingga karbohidrat dalam tempe dapat tubuh cerna lebih lambat.

Mekanisme biologis ini tentunya tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Alhasil, tempe menjadi salah satu pilihan yang baik untuk pengidap diabetes.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaanSerat pangan yang tinggi dalam tempe membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga membantu menjaga keseimbangan flora usus yang sehat dan dapat mengurangi risiko penyakit usus, seperti kanker usus besar.

Menurut jurnal In Food Science and Food Safety, kedelai dapat merangsang pertumbuhan bakteri Genus Bifidobacterium, sehingga dapat menyehatkan pencernaan.

Bifidobacteria dapat membuat asam asetat yang di produksi di usus besar dalam tubuh menjadi lebih asam, sehingga dapat mencegah infeksi bakteri.

6. Mendukung fungsi otakKandungan asam lemak omega-3 dalam tempe berperan penting dalam menjaga kesehatan fungsi otak.

Sebab, asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kemampuan ingatan, fokus, dan juga memperbaiki suasana hati.

7. Efek antioksidanTempe mengandung senyawa isoflavon yang memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini bermanfaat dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit degeneratif.

Itulah sejumlah manfaat tempe berdasarkan kandungan nutrisinya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? .

Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan kamu dan orang tua dengan mengonsumsi makanan sehat seperti tempe.

0 Komentar