Bukan Hanya Cocok Jadi Pendamping Nasi, Namun Kangkung Juga Mempunyai Banyak Manfaat! Simak Apa Saja Manfaatnya

Bukan Hanya Cocok Jadi Pendamping Nasi, Namun Kangkung Juga Mempunyai Banyak Manfaat! Simak Apa Saja Manfaatnya
Manfaat Kangkung (Pixabay/ jabar ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kangkung merupakan sayuran yang konon bisa tumbuh subur walaupun saat musim hujan. Sayuran ini dapat di olah menjadi berbagai bentuk menu olahan apapun dengan rasa yang menggiurkan. Di balik rasanya tersebut, kangkung menyimpan banyak manfaat.

Kangkung juga mudah untuk di dapatkan. Dengan kemudahan mendapatkan kangkung, maka berbagai olahan pun bisa di buat. Misalnya plecing, tumis tauco, urap, pecel bahkan ada juga yang mengolahnya menjadi bentuk sayur asem.

Dalam 100 gram sayuran kangkung, terdapat kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, serta, vitamin C, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi. Secara kandungan kalori dan lemak, sayuran ini termasuk cukup rendah sehingga cocok untuk yang sedang melakukan diet.

Baca Juga:Pecinta Seblak Lagi Ngidam Seblak? Ini, 4 Tempat Makan Seblak di Cirebon, Langsung Datengin ke Lokasinya!Pengen Kangkungmu Terlihat Hijau dan Segar Walau Sudah Ditumis? Simak Tips Menumis Kangkung Agar Tidak Terlihat Hitam Setelah Matang

Manfaat Kangkung

Bagi yang senang mengonsumsi kangkung sebagai menu lauk pendamping nasi, simak berbagai dampak baik untuk kesehatan yang bisa di dapatkan.

1. Mencegah Konstipasi

Jika kerap mengalami konstipasi, maka kemungkinan karena kekurangan serat. Untuk itu, penuhi kandungan serat dalam tubuh dengan mengonsumsi sayuran, salah satunya kangkung.

2. Menurunkan Kolestrol

Kangkung merupakan salah satu pilihan ideal untuk membantu menurunkan kolesterol dan berat badan. Sebab, terdapat penelitian yang terbukti dapat mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida serta mampu membantu menurunkan kolesterol total pada darah.

3. Mencegah Anemia

Manfaat kangkung selanjutnya yaitu mencegah anemia. Jika seseorang menderita anemia, maka seseorang tersebut kekurangan zat besi. Untuk itu sayuran ini memiliki kandungan zat besi yang baik untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat, selain makanan lainnya yang juga dapat menjadi sumber zat besi.

4. Membantu Masalah Tidur

Melansir dari Stylecraze, kangkung di sinyalir dapat membantu masalah tidur. Hal ini karena adanya kandungan selenium dan seng yang dapat berguna untuk membuat saraf menjadi rileks.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, kangkung juga konon dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, lutein, glutathione  hingga karoten yang baik untuk kesehatan mata.

0 Komentar